Peningkatan Pemahaman Konsep Keliling, Luas Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Pendekatan Pmri Berbantuan Media Papan Catur Siswa Kelas Iii Sdn Sumbersoko 01

GHOZI, SAIFULLAH AL (2017) Peningkatan Pemahaman Konsep Keliling, Luas Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Pendekatan Pmri Berbantuan Media Papan Catur Siswa Kelas Iii Sdn Sumbersoko 01. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (519kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (216kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (601kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (476kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (186kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (28MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep keliling, luas persegi dan persegi panjang, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan PMRI berbantuan media papan catur siswa kelas III SDN Sumbersoko 01 Pemahaman konsep adalah suatu kompetensi yang ditunjukkan siswa dalam memahami konsep ide-ide matematik. Pendekatan PMRI adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dikhususkan untuk pelajaran matematika yang di dalam pembelajarannya mengutamakan unsur penemuan dan bersifat nyata. Media papan catur adalah media yang digunakan untuk membantu siswa dalam menemukan konsep persegi dan persegi panjang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Sumbersoko 01 dengan subjek penelitian 21 orang siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan terikat, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitif dan kualitatif. Hasil kemampuan pemahaman konsep siswa secara klasikal, pada prasiklus diperoleh rata-rata persentase 45.16% meningkat pada siklus I menjadi 70.59% dan meningkat pada siklus II menjadi 82.62%. Pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2.68 dan meningkat pada siklus II menjadi 3.21. Dan pada hasil observasi keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2.99 dan meningkat pada siklus II menjadi 3.43. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas III SDN Sumbersoko 01 dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PMRI berbantuan media papan catur pada materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Bagi guru maupun peneliti selanjutnya sebaiknya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menciptakan ide-ide yang lebih kreatif lagi sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1:Dra. Sumarwiyah, M. Pd., Kons.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Persegi dan Persegi Panjang, Pendekatan PMRI, Media Papan Catur.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 07 Feb 2018 04:20
Last Modified: 07 Feb 2018 04:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7864

Actions (login required)

View Item View Item