SAFITRI, DIAN (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG SEDERHANA DENGAN PENDEKATAN SAVI BERBANTUAN MEDIA PAPERCRAFT. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (halaman depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (466kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II_KAJIAN_PUSTAKA_DAN_HIPOTESIS.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV_HASIL_PENELITIAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V_PEMBAHASAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI_SIMPULAN_DAN_SARAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (325kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, keterampilan pemecahan masalah siswa, dan keterampilan mengajar guru pada materi jaring-jaring bangun ruang sederhana dengan pendekatan SAVI berbantuan media papercraft di SDN 1 Mlati Lor, Kudus. Pemecahan masalah adalah suatu upaya yang dilakukan untuk memecahkan masalah dengan strategi dan langkah-langkah pemecahan masalah sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Pendekatan SAVI merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memiliki karakteristik somatis, auditori, visual, dan intelektual. Papercraft adalah media tiga dimensi yang terbuat dari kertas dengan kegiatan melipat, menggunting, dan mengelem dengan karakter tokoh kartun yang dikenali siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Mlati Lor dengan subjek peneliti sebagai guru dan 27 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian adalah pendekatan SAVI berbantuan media papercraft. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan SAVI berbantuan media papercraft dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari siklus I ke siklus II yaitu dari 59,30% menjadi 77,80% dengan kriteria tinggi. Keterampilan pemecahan masalah matematika siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari skor rata-rata 2,5 menjadi 3,2 dengan kriteria baik. Keterampilan mengajar guru meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari skor rata-rata 3,2 menjadi 3,7 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI berbantuan media papercraft dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, keterampilan pemecahan masalah matematika siswa, dan keterampilan mengajar guru. Saran dari peneliti yaitu guru diharapkan dapat menerapkan pendekatan SAVI berbantuan media papercraft sebagai inovasi pembelajaran dalam pemecahan masalah matematika khususnya pada materi jaring-jaring bangun ruang sederhana.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1:Henry Suryo Bintoro,S.Pd.,M.pd. |
Kata Kunci: | Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematika, SAVI, Papercraft, Bangun ruang. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 06:05 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 06:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7867 |
Actions (login required)
View Item |