Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Media Puzzle Materi Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Kelas Iv Sd 1 Gamong

Aziz, Abdul (2017) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Media Puzzle Materi Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Kelas Iv Sd 1 Gamong. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (613kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (363kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (463kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (273kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (135kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (203kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan media puzzle untuk meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas belajar, dan keterampilan guru pada materi jaring-jaring kubus dan balok siswa kelas IV SD 1 Gamong 2016/2017. Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa dalam memahami konsep, oprasi dan relasi dalam matematika. Pendekatan Matematika Realistik adalah pendekatan pembelajaran yang khusus untuk mata pelajaran matematika yang menekankan matematika sebagai aktivitas siswa serta mengikutkan lingkungan dan permasalahan realistik pada kehidupan sehari-hari untuk dijadikan sebagai media atau sumber belajar siswa. Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam persegi yang sama besar. Balok adalah bangun ruang yang dibatasi enam sisi berbentuk persegi dan persegi panjang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Gamong dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart dengan 2 pertemuan pada setiap siklus. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Penerapan pendekatan PMR dan media puzzle. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan pemahaman konsep pra skilus sebesar 13,63% meningkat di siklus I sebesar 72,72% dan pada siklus II meningkat sebesar 90,90%. Sedangkan pada aktivitas belajar siklus I sebesar 69,69% meningkat di siklus II sebesar 81,02%. Pada keterampilan guru siklus I sebesar 68,50% meningkat pada siklus II sebesar 83,75%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model PMR berbantuan media puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas belajar, dan keterampilan guru pada mata pelajaran matematika kelas IV SD 1 Gamong. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada kelas IV SD 1 Gamong dapat disimpulkan bahwa penerapan model PMR berbantuan media puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas belajar, dan keterampilan guru pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring kubus dan balok siswa kelas IV SD 1 Gamong. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran PMR berbantuan media puzzle agar proses pembelajaran menjadi menarik sehingga siswa dapat memahami konsep jarring-jaring balok dan kubus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr.Murtono,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Media Puzzle, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 07 Feb 2018 06:30
Last Modified: 07 Feb 2018 06:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7869

Actions (login required)

View Item View Item