Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantu Media Papercraft Materi Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Kelas Iv Sd 2 Mlati Lor

SUGIARTO, AHMAD (2017) Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantu Media Papercraft Materi Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Kelas Iv Sd 2 Mlati Lor. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa, aktivitas belajar siswa serta keterampilan guru pada materi jaring-jaring kubus dan balok kelas IV SD 2 Mlati Lor dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantu media papercraft. Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa dalam memahami konsep, operasi dan relasi dalam matematika. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik merupakan pendekatan yang menjadikan permasalahan nyata yang ada dalam kehidupan sehari-hari siswa sebagai konstruksi pemahaman konsep matematika siswa yang dilakuakan oleh siswa itu sendiri. papercraft adalah boneka tiga dimensi yang terbuat dari kertas dengan kegiatan melipat, menggunting, dan mengelem kertas yang berbentu tiga dimensi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD 2 Mlati Lor Kudus dengan subjek penelitian 29 Siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan media papercraft. Sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep Matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Kondisi pra siklus siswa sebelum dilakukan tindakan memperoleh ketuntasan sebesar 10.3% dengan rata-rata 30.9 meningkat pada siklus I sebesar 72.4% dengan rata-rata 73.7 dan meningkat pada siklus II menjadi 86.2% dengan rata-rata 80.0 pada kriteria baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 70.4% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II sebesar 77.5% dengan kriteria baik. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase sebesar 77.9% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 85.8% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantu media papercarft dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SD 2 Mlati Lor. Saran penelitian ini yakni hendaknya peneliti selanjutnya agar lebih mempersiapkan keadaan kelas yang kondusif serta membimbing siswa dalam penemuan konsep sehingga siswa dapat menarik kesimpulan dengan tepat dan sebaiknya guru menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantu media papercraft guna sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.  

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Eka Zuliana,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Jaring-Jaring Kubus dan Balok, Papercraft.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 07 Feb 2018 06:56
Last Modified: 07 Feb 2018 06:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7871

Actions (login required)

View Item View Item