FIANINGRUM, LENI NURALIF (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBASIS MORAL TANGGUNG JAWAB DAN DEMOKRASI PADA SISWA KELAS IV SDN TAMBAHAGUNG 03 PATI. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (754kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (132kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (18MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match berbasis moral tanggung jawab dan demokrasi pada siswa kelas IV SDN Tambahagung 03 Pati. Model pembelajaran Make A Match adalah suatu model yang dapat memupuk kerjasama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang ada di tangan siswa, proses pembelajaran lebih menarik dan terlihat sebagian besar siswa lebih antusias mengikuti proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN Tambahagung 03 Pati. dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi.. Variabel bebas yakni model pembelajaran Make A Match berbasis moral tanggung jawab dan demokrasi. Sedangkan variabel terikatnya yakni hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas ini yakni wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Make A Match berbasis moral tanggung jawab dan demokrasi dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn. Keterampilan guru meningkat cukup signifikan antara hasil prasiklus 57% kategori cukup (C), siklus I 74% dalam kategori baik (B), siklus II meningkat menjadi 84% kategori baik (B). Aktivitas siswa meningkat cukup signifikan dari siklus I sebesar 68% dengan kategori baik (B), meningkat pada siklus II sebesar 81% dengan kategori baik (B). Ketuntasan hasil belajar kognitif dari siklus I sebesar 69% kategori tinggi, meningkat pada siklus II menjadi 81% kategori sangat tinggi. Pada ranah afektif siklus I 66% kategori baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 82% dalam kategori baik (B). Ranah psikomotorik pada siklus I 67% kategori baik (B), siklus II meningkat menjadi 82% kategori baik (B). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make A Match berbasis moral tanggung jawab dan demokrasi dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar PKn siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada siswa kelas IV SDN Tambahagung 03 Pati. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran PKn.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr.Sri Utaminingsih,M.pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci : Make A Match, PKn, Tanggung jawab, Demokrasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 07:11 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 07:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7872 |
Actions (login required)
View Item |