SUMARYATI, ISMI (2017) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Melalui Model Guided Discovery Learning Berbantuan Permainan Kaki Bima. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (halaman judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (523kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (186kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (19MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru mengajar dengan model guided discovery learning berbantuan permainan kaki bima pada materi bilangan romawi. Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan siswa dalam menyerap dan memahami konsep, serta melakukan perhitungan secara bermakna dalam pembelajaran matematika. Guided discovery learning merupakan sebuah metode mengajar yang mengatur pengajaran sedemikian rupa sehingga siswa memperoleh pengetahuan sendiri melalui penemuan yang dibimbing oleh guru. Permainan kaki bima merupakan permainan edukasi berupa teka-teki yang dapat membantu siswa menemukan konsep bilangan romawi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD N Margorejo 01 Pati dengan subjek 25 siswa kelas IV. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model guided discovery learning berbantuan permainan kaki bima, sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematika. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD N Margorejo 01 Pati adalah 62,08 pada kriteria cukup dengan ketuntasan klasikal mencapai 48% pada siklus I meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata menjadi 78,7 pada kriteria tinggi dengan ketuntasan klasikal sebesar 80%, (2) rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 2,51 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 2,63 dengan kriteria baik, (3) rata-rata skor keterampilan guru pada siklus I adalah 2,56 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 3,00 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa penerapan model guided discovery learning berbantuan permainan kaki bima dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika, aktivitas belajar siswa pada materi bilangan romawi, serta keterampilan guru di SD N Margorejo 01 Pati. Oleh karena itu, penggunaan model guided discovery learning lebih baik diterapkan pada pembelajaran matematika lainnya guna membantu siswa membangun pemahaman konsepnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr.Sri Utaminingsih,M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Guided Discovery Learning, Permainan Kaki Bima |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 07:48 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 07:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7875 |
Actions (login required)
View Item |