Meningkatkan Manajemen Waktu Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Ips 5 Sma 1 Gebog Kudus

RIYANI , RINA SEFTI (2017) Meningkatkan Manajemen Waktu Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Ips 5 Sma 1 Gebog Kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (909kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari peneliti ini adalah: 1.Mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam manajemen waktu belajar sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas XI SMA 1 Gebog Kudus, 2.Untuk meningkatkan manajemen waktu belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas XI SMA 1 Gebog Kudus. Manajemen waktu belajar merupakan mengatur atau merencanakan waktu belajar secara teratur sehingga dapat belajar dengan efektif dan efisien. Untuk meningkatkan manajemen waktu belajar siswa yang baik peneliti berupaya untuk meningkatkan manajemen waktu belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama.Layanan bimbingan kelompok yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan manajemen waktu belajar sekaligus bisa membantu siswa dalam menentukan rencana dan membuat keputusan yang tepat dan membawa dampak yang positif. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS 5, sebanyak 8 siswa yang mempunyai manajemen waktu belajar rendah. Penelitian dilakukan 2 kali siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu kali pertemuan membahas satu materi dengan waktu 45 menit. Berdasarkan hasil penelitian pra siklus manajemen waktu belajar menunjukkan skor rata-rata 5 dengan presentase 20% dalam kategori sangat kurang. Pada siklus I pertemuan pertama skor rata-rata 5 dengan preentase 20% dengan kategori sangat kurang, siklus I pertemuan kedua skor rata-rata 9,3 dengan presentase 36,3% dengan kategori kurang, siklus I pertemuan ketiga skor rata-rata 10 dengan presentase 40% dengan kategori kurang. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama skor rata-rata 12,5 dengan presentase 48,5% dengan kategori kurang, siklus II pertemuan kedua skor rata-rata 14,5 dengan presentase 56,5% dengan kategori cukup, siklus II pertemuan ketiga skor rata-rata 18,25 dengan presentase 72,25% dengan kategori baik. Siklus I manajemen waktu belajar menunjukkan skor rata-rata 16 dengan presentase 64% dalam kategori cukup. Siklus II manajemen waktu belajar menunjukkan skor rata-rata 20 dengan presentase 83% dalam kategori baik. Peningkatan manajemen waktu belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dari pra siklus skor rata-rata 5 dan presentase 20% ke siklus II dengan skor rata-rata 20 dan xi presentase 83%, dengan demikian pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan manajemen waktu belajar terjadi peningkatan skor rata-rata 15 dan presentase 60%. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data peneliti dapat menyimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan manajemen waktu belajar, dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah memenuhi indikator keberhasilan. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepada siswa SMA 1 GEBOG Kudus, diharapkan dengan adanya layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan manajemen waktu belajar, 2. Kepada guru BK/Konselor SMA 1 GEBOG Kudus, diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah-masalah yang berkaitan dengan manajemen waktu belajar, 3. Kepada Peneliti, diharapkan dapat menggunakan penelitian ini sebagai latihan mengembangkan wawasan,menambah pengetahuan dalam melaksanakan kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Indah Lestari, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Kata Kunci: Manajemen Waktu Belajar. Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 07 Feb 2018 08:30
Last Modified: 07 Feb 2018 08:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7878

Actions (login required)

View Item View Item