Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Concept Sentence Berbantuan Media Konkrit Kelas V Di Sdn 3 Medini Kudus

AINI, ULLY FATUL (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Concept Sentence Berbantuan Media Konkrit Kelas V Di Sdn 3 Medini Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Published Version
Download (778kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (253kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (367kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (321kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (154kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (17MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model concept sentence berbantuan media konkrit dan menemukan peningkatan keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi kelas V SD N 3 Medini Kudus. Menulis adalah keterampilan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Menulis adalah salah satu keterampilan yang dapat menyampaikan sebuah informasi dalam bentuk tulisan yang berupa ide-ide atau gagasan, karena melakukan kegiatan menulis dapat menuangkan apa yang ada dalam pikiran yang bertujuan untuk menambah wawasan bagi orang lain. Concept sentence adalah model pembelajaran mengajak siswa untuk berpikir aktif dengan menggunakan bantuan beberapa kata kunci yang telah disediakan guru dan siswa menyususn kata-kata tersebut agar terbentuk sebuah kalimat yang utuh, sehingga dapat terbentuk menjadi puisi yang mempunyai nilai keindahan.Media konkrit adalah media pembelajaran yang berupa bendanyata atau media yang benar-benar dapat dilihat, didengar dan diraba oleh siswa agar dapat diamati dari ciri fisik benda tersebut yang meliputi ukuran, bentuk, berat, fungsi, dan warnannya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model concept sentence berbantuan media konkrit dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD N 3 Medini Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD N 3 Medini Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model concept sentence dan media konkrit. Sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis puisi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan concept sentence berbantuan media konkrit dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1)keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 83% dengan kriteria “sangat baik” menjadi 91,1% dengan kriteria “sangat baik” (2) aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 69,4% dengan kriteria “baik” menjadi 91,1% dengan kriteria “sangat baik” (3) keterampilan menulis puisi siswa pada siklus I ke siklus II juga meningkat dari 72,7% dengan kriteria “baik” menjadi 90,9% dengan kriteria “sangat baik”. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model concept sentence berbantuan media konkrit dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SDN 3 Medini Kudus. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model concept sentence berbantuan media konkrit dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SDN 3 Medini Kudus, dan saran dalam penelitian ini guru hendaknya menerapkan model concept sentence berbantuan media konkrit dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V. Bagi siswa hendaknya aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian baru yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan menulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Irfai Fathurohman, S. Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Menulis, Puisi, Concept Sentence, Media Konkrit.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 08 Feb 2018 01:26
Last Modified: 08 Feb 2018 01:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7885

Actions (login required)

View Item View Item