PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS V SDN 3 TUNGGUL

JOAHAR, MILA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS V SDN 3 TUNGGUL. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HAL._JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[thumbnail of bab  4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama dengan diterapkannya model pembelajaran Role Playing berbantuan media boneka tangan. Role Playing merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam suatu permainan peran. Boneka tangan merupakan suatu bentuk boneka menyerupai manusia, hewan atau bentuk lainnya yang dimainkan dengan cara memasukkan tangan ke dalam pakaian boneka dan menggunakan jari-jari untuk menggerakkannya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 3 Tunggul Nalumsari Jepara. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 3 Tunggul dengan jumlah 24 siswa. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas yakni model pembelajaran Role Playing berbantuan media boneka tangan, dan variabel terikat yakni hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 3 Tunggul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing berbantuan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 80,71% (baik), menjadi 91,42% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa ranah afektif siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 67,68% (baik), menjadi 86,24% (sangat baik). Hasil aktivitas belajar siswa ranah psikomotorik siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 68,59% (baik), menjadi 81,24% (baik). Hasil belajar ranah kognitif siswa juga meningkat dilihat dari hasil siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 70,83% (baik), menjadi 91,66% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Role Playing berbantuan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar, dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama kelas V SDN 3 Tunggul. Saran dalam penelitian ini, guru dapat menggunakan model pembelajaran Role Playing dan media boneka tangan sebagai alternatif model dan media yang digunakan dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran PKn. 

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1: Dra.Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Kata Kunci: Kata Kunci: Hasil belajar PKn, Role Playing, Media Boneka Tangan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 08 Feb 2018 02:05
Last Modified: 08 Feb 2018 02:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7886

Actions (login required)

View Item View Item