Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Bae Kudus

MUNAWAROH, IZZATUL (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Bae Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (455kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (526kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (191kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (102kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode field trip dan menemukan peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi kelas IV SD 2 Bae. Keterampilan menulis deskripsi merupakan suatu keterampilan menuangkan ide/gagasan yang ada dalam pikiran ke dalam bentuk bahasa tulis berdasarkan pengamatan pada suatu objek. Keterampilan menulis deskripsi ditingkatkan dengan menggunakan metode field trip. Metode field trip merupakan cara penyampaian materi pelajaran di luar kelas dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau objek tertentu yang berdekatan dengan sekolah agar siswa dapat mengamati atau mengalami secara langsung.Hipotesis tindakan yang peneliti ajukan yaitu: 1) penerapan metode field trip dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru pada materi menulis deskripsi siswa kelas IV SD 2 Bae, 2) penerapan metode field trip dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi menulis deskripsi siswa kelas IV SD 2 Bae, 3) penerapan metode field trip dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD 2 Bae. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 2 Bae dengan subjek penelitian adalah seorang guru dan 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode field trip. Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis deskripsi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metodefield tripdapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi, keterampilan guru, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan keterampilan menulis deskripsisiswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I diperoleh hasil 10 siswa tuntas dan 4 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 71,43%, meningkat pada siklus II diperoleh hasil 13 siswa tuntas dan 1 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 92,86%; (2) keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh pencapaian rata-rata 86,25 % dengan kualifikasi “sangat baik”, dan meningkat pada siklus II menjadi 89,58% dengan kualifikasi “sangat baik”; (3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi pada siklus I diperoleh rata-rata pencapaian 63,75% dengan kualifikasi “cukup”, danmeningkat pada siklus II menjadi 72,1% dengan kualifikasi “sangat baik”. Berdasakan hal tersebut membuktikan bahwa penerapan metodefield trip dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV di SD 2 Bae. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan metodefield trip dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa kelas IV di SD 2 Bae. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan metodefield trip dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV.Siswahendaknya terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan mampu memicu adanya penelitian-penelitian baru yang lebih inovatif, khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan menulis deskripsi, Metode Field Trip.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 08 Feb 2018 02:45
Last Modified: 08 Feb 2018 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7892

Actions (login required)

View Item View Item