Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Flipchart Pada Siswa Kelas Iv Sd 8 Kedungsari Kudus

BAHRUDDIN, MUHAMMAD EKO (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Flipchart Pada Siswa Kelas Iv Sd 8 Kedungsari Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (388kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (209kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (329kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (266kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (221kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (176kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (246kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning berbantuan media flipchart dan menentukan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD 8 Kedungsari Kudus. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yakni model project based learning berbantuan media flipchart dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD 8 Kedungsari Kudus. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan deskripsi. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model project based learning berbantuan media flipchart dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi karangan deskripsi siklus I diperoleh hasil 10 siswa tuntas dan 4 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 71,43%, meningkat pada siklu II diperoleh hasil 14 siswa tuntas dengan ketuntasan klasikal 100%; (2) keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh pencapaian rata-rata 79,92% dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II memperoleh pencapaian rata-rata 88,64% dengan kriteria “sangat baik”; (3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan deskripsi pada siklus I diperoleh rata-rata pencapaian 74,43% dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata pencapaian 88,84% dengan kategori “sangat baik”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model project based learning berbantuan media flipchart dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model project based learning berbantuan media flipchart dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV. Bagi siswa, hendaknya siswa berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian baru yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Drs.Moh.Kanzunnudin,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning berbantuan media flipchart dan menentukan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD 8 Kedungsari Kudus. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yakni model project based learning berbantuan media flipchart dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD 8 Kedungsari Kudus. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan deskripsi. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model project based learning berbantuan media flipchart dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi karangan deskripsi siklus I diperoleh hasil 10 siswa tuntas dan 4 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 71,43%, meningkat pada siklu II diperoleh hasil 14 siswa tuntas dengan ketuntasan klasikal 100%; (2) keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh pencapaian rata-rata 79,92% dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II memperoleh pencapaian rata-rata 88,64% dengan kriteria “sangat baik”; (3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan deskripsi pada siklus I diperoleh rata-rata pencapaian 74,43% dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata pencapaian 88,84% dengan kategori “sangat baik”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model project based learning berbantuan media flipchart dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model project based learning berbantuan media flipchart dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV. Bagi siswa, hendaknya siswa berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian baru yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Feb 2018 03:10
Last Modified: 08 Feb 2018 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7894

Actions (login required)

View Item View Item