Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Melalui Model Index Card Match Berbantu Media Susun Puzzle Pada Siswa Kelas Iv Sd N 7 Cendono Dawe Kudus

HIDAYAH, NOR (2017) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Melalui Model Index Card Match Berbantu Media Susun Puzzle Pada Siswa Kelas Iv Sd N 7 Cendono Dawe Kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman depan]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (755kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6]
Preview
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran IPS dilihat dari perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar siswa, serta media pembelajaran pada siswa kelas IV SD N 7 Cendono melalui Model Index Card Match berbantu media susun Puzzle pada materi Koperasi. Kualitas pembelajaran merupakan tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan yang dapat dilihat dari segi proses dan segi hasil pembelajaran. Model Index Card Match adalah metode mencari pasangan kartu dengan cara siswa berkeliling mencari teman untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang didapat atau sebaliknya. Media susun puzzle adalah suatu media permaian edukatif yang dapat merangsang kemampuan dan keterampilan kognitif anak dengan cara bongkar pasang bagian-bagian dalam puzzle sehingga menjadi suatu gambar atau objek. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu terdapat peningkatan kualitas pembelajaran IPS dilihat dari perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar siswa, serta media pembelajaran pada siswa kelas IV SD N 7 Cendono melalui Model Index Card Match berbantu media susun Puzzle pada materi Koperasi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD N 7 Cendono Dawe Kudus dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model Index Card Match Berbantu Media Susun Puzzle dan variabel terikat yaitu kualitas pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan kualitas pembelajaran IPS dilihat dari perilaku pembelajaran guru dengan menerapkan model Index Card Match berbantu media susun Puzzle pada siklus I 81,25% (baik) dan siklus II 90,625% (sangat baik), perilaku belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I 72,22% (baik) dan siklus II 76,68% (baik), dampak belajar siswa siklus I 70% (tinggi) dan siklus II 88% (sangat tinggi), serta media pembelajaran pada siklus I 81,25% (tinggi) dan siklus II 90,625% (sangat tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD N 7 Cendono Dawe Kudus dapat disimpulkan bahwa model Index Card Match berbantu media susun Puzzle dapat meningkatkan perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar siswa, dan media pembelajaran. Saran bagi guru untuk lebih memberikan motivasi kepada siswa agar berani bertanya terkait materi yang belum dipahami siswa dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci : Kualitas Pembelajaran IPS, Index Card Match, Media Susun Puzzle, Koperasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 08 Feb 2018 03:11
Last Modified: 08 Feb 2018 03:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7895

Actions (login required)

View Item View Item