Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Globalisasi Kelas Iv Sd 1 Purworejo Kudus

WIBOWO, BAGAS ARDIKA (2017) Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Globalisasi Kelas Iv Sd 1 Purworejo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (605kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (461kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (420kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (247kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (216kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (148kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Think-Pair-Share pada siswa kelas IV SD 1 Purworejo Kudus. Model Think-Pair-Share adalah model pembelajaran kooperatif sederhana yang memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerjasama dengan orang lain. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa pada materi globalisasi, dengan diterapkannya model Think-Pair-Share pada siswa kelas IV SD 1 Purworejo Kudus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Purworejo Kudus dengan subjek penelitian 22 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Think-Pair-Share, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn pada materi globalisasi siswa kelas IV SD 1 Purworejo Kudus. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan selanjutnya dianalisisi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru pada siklus I mencapai rata-rata 71,42% (tinggi) dan meningkat pada siklus II yang mencapai rata-rata 79,46% (tinggi). Aktivitas siswa pada siklus I mencapai rata-rata 66,13% (tinggi) dan meningkat pada siklus II yang mencapai rata-rata 78,75% (tinggi). Hasil belajar sebelum melakukan tindakan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 40,90% (sedang) meningkat menjadi 50% (sedang) pada siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 77,3% (tinggi). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi globalisasi kelas IV SD 1 Purworejo Kudus. Saran dalam penelitian ini diharapkan para siswa dapat lebih memperhatikan dan aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru dapat menggunakan model alternatif dan melibatkan siswa dalam pembelajaran dan peneliti dapat mengkaji lebih mendalam model Think-Pair-Share dan model-model pembelajaran yang lain.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Think-Pair-Share, Hasil Belajar, Globalisasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 08 Feb 2018 04:04
Last Modified: 08 Feb 2018 04:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7901

Actions (login required)

View Item View Item