PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN1SENGONBUGEL JEPARA

MAWADDAH, FATTAH (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN1SENGONBUGEL JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (9MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (369kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (488kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (271kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (118kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (199kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 1 Sengonbugel setelah menerapkan model pembelajaran Picture And Picture. Model Pembelajaran Picture And Picture merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media dan dipasangkan/ diurutkan menjadi urutan yang logis. Sedangkan hasil belajar adalah perubahan tingkah laku dari hasil proses belajar yang mencakup bidang kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil belajar digunakan untuk mengetahui seberapa jauh seseorang menguasai materi yang sudah diajarkan dengan materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi bagi siswa kelas IV SDN 1 Sengonbugel. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Sengonbugel dengan subjek penelitian guru dan 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pemebelajaran Picture And Picture dan variabel terikat adalah hasil belajar meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi,tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pemebelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 63,27% dengan kriteria baik, pada siklus II menjadi 82,03% dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan hasil belajar ranah kogntif sebesar 76% dengan kriteria sedang, pada siklus II menjadi 96% dengan kriteria tinggi. Ketuntasan hasil belajar ranah afektif sebesar 63% dengan kriteria cukup, pada siklus II menjadi 81% dengan kriteria baik. Ketuntasan hasil belajar ranah psikomotorik sebesar 65% dengan kriteria cukup, pada siklus II menjadi 86% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV di SDN1Sengonbugel dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran, dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN1Sengonbugel Je[ara.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr.Murtono,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Picture And Picture,Hasil Belajar IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Feb 2018 04:24
Last Modified: 08 Feb 2018 04:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7903

Actions (login required)

View Item View Item