PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBASIS KARAKTER JUJUR DAN PEDULI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn PADA SISWA KELAS IV SDN 2 PILANG BLORA

YUNIARTI, NITA WAHYU (2017) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBASIS KARAKTER JUJUR DAN PEDULI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn PADA SISWA KELAS IV SDN 2 PILANG BLORA. Skripsi Sarjana thesis, umk.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (383kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (189kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (542kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (179kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (158kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, karakter jujur, peduli sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share berbasis karakter jujur dan peduli sosial pada siswa kelas IV SDN 2 Pilang Blora. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 2 Pilang Blora dengan subjek penelitian 17 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas yakni model pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan variabel terikatnya yakni hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas ini yakni wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbasis karakter jujur dan peduli sosial dapat meningkatkan keterampilan guru, karakter jujur dan peduli sosial, dan hasil belajar PKn. Keterampilan guru pada siklus I 75% (Baik), siklus II 85% (Sangat Baik). Karakter jujur siklus I 64% (Cukup), siklus II 79% (Baik). Karakter peduli sosial siklus I 71% (Baik), siklus II 80% (Baik). Ketuntasan hasil belajar kognitif dari siklus I 59% (Sedang), siklus II 82% (Sangat Tinggi). Hasil belajar afektif siklus I 68% (Baik), siklus II 82% (Baik). Hasil belajar psikomotorik siklus I 68% (Baik), siklus II 80% (Baik). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbasis karakter jujur dan peduli sosial dapat meningkatkan keterampilan guru, karakter jujur dan peduli sosial siswa, dan hasil belajar PKn siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada siswa kelas IV SDN 2 Pilang Blora. Saran kepada guru sebaiknya guru harus bisa mengembangkan model pembelajaran dengan berbasis karakter. Seperti model Think Pair Share berbasis karakter jujur dan peduli sosial, siswa yang belum tuntas sebaiknya lebih giat lagi dan memperhatikan penjelasaan dari guru, sekolah memberikan fasilitas kepada guru agar pembelajaran lebih efektif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr.sri Utaminingsih,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Think Pair Share, Hasil Belajar PKn, Jujur, Peduli Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Feb 2018 01:17
Last Modified: 09 Feb 2018 01:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7904

Actions (login required)

View Item View Item