Penerapan Model Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd 5 Gondangmanis

PRASTIYO, ABIB DWI (2017) Penerapan Model Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd 5 Gondangmanis. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (666kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (340kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (676kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (475kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (139kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (195kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiksikan peningkatkan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS dan mendeskripsiskan peningkatan hasil belajar IPS ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa kelas V SD 5 Gondangmanis melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD 5 Gondangmanis. Hasil belajar merupakan suatu keberhasilan yang dilampaui oleh siswa setelah diberikan tes hasil belajar pada setiap akhir pembelajaran yang dapat dilihat dari 3 aspek, meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) merupakan model jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisisonal. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran IPS, serta meningkatkan hasil belajar IPS siswa. IPS adalah mata pelajaran atau bidang studi yang mempelajari, menganalisis, gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu peneliti sebagai guru dan 19 siswa kelas V SD 5 Gondangmanis Kudus. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data dekriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa. peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 72,5% dan siklus II sebesar 87,4%. Sedangkan peningkatan hasil belajar yang terdiri dari tiga ranah, kognitif siklus I sebesar 68,4% dan siklus II sebesar 89,5%, ranah afektif siklus I sebesar 65,3% dan siklus II sebesar 81%, sedangkan ranah psikomotorik siklus I sebesar 64,9% dan siklus II sebesar 82,4%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD 5 Gondangmanis. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada kelas V SD 5 Gondangmanis, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru meningkat serta dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada kelas V SD 5 Gondangmanis. Saran dalam penelitian ini diharapkan semua pihak yang terkait dengan pendidikan dapat menindaklanjuti dan mengembangkan penelitian untuk menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Dr.Utaminingsih,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Numbered Heads Together, Hasil Belajar, IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Feb 2018 01:36
Last Modified: 09 Feb 2018 01:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7908

Actions (login required)

View Item View Item