PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn PADA KELAS IV MATERI GLOBALISASI MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS KARAKTER DEMOKRATIS DAN TOLERANSI DI SD 5 BULUNG CANGKRING JEKULO KUDUS

HAFIDZHOH, ‘ALIMATUL (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn PADA KELAS IV MATERI GLOBALISASI MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS KARAKTER DEMOKRATIS DAN TOLERANSI DI SD 5 BULUNG CANGKRING JEKULO KUDUS. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
hal_judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2]
Preview
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan ketrampilan guru, hasil belajar, dan nilai karakter demokratis dan toleransi pada mata pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 5 Bulung Cangkring Jekulo Kudus. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia mengikuti proses pembelajaran. Model Teams Games Tournament (TGT) merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa secara heterogen untuk melakukan games tournament dalam kelompok. Pkn sebagai civic education yang berlandaskan filsafat pancasila, mengandung muatan Nasional dan muatan makna pendidikan bela Negara. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di SD 5 Bulung Cangkring Jekulo Kudus dengan subjek peneitian 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD 5 Bulung Cangkring Jekulo Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Teams Games Tournament berbasis karakter demokratis dan toleransi dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari presentase 81,25% menjadi 83,48%. Pada ranah afektif juga mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II yaitu 69,65% menjadi 87,11%, ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 75,72% menjadi 85,45%, hasil belajar ranah kognitif juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II presentase ketuntasan klasikal siswa yaitu 64% naik menjadi 88,64%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 5 Bulung Cangkring Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)berbasis karakter demokratis dan toleransi dapat meningkatkan keterampilan guru, dan hasil belajar siswa pada ranah afektif, psikomotorik dan kognitif pada pembelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 5 Bulung Cangkring Jekulo Kudus. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan karakteristik siswanya agar xi dapat merangsang minat belajar siswa dan siswa tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran PKn.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Kata Kunci: Teams Games Tournament, Hasil Belajar PKn, Demokratis, Toleransi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 09 Feb 2018 01:42
Last Modified: 09 Feb 2018 01:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7909

Actions (login required)

View Item View Item