PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD 2 PAYAMAN

WAHYUDI, ANTON (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD 2 PAYAMAN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (440kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (295kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (311kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (338kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (246kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (267kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model pembelajaran Make A Match. Model pembelajaran Make A Match adalah salah satu tipe model pembelajaran yang memupuk kerja sama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang ada di tangan siswa, proses pembelajaran lebih menarik dan terlihat sebagian siswa lebih antusias mengikuti proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD 2 Payaman dengan sujek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklusnya. Variable bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Make A Match sedangkan variable terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV SD 2 Payaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model make a match dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan memperoleh presentase siklus I 80,29% menjadi 85,98% pada siklus II, hasil aktivitas siswa meningkat dari siklus I memperoleh presentase 66,52% meningkat menjadi 84,58% pada siklus II, hasil belajar siswa ranah kognitif meningkat dari siklus I memperoleh presentase 72,22% menjadi 80,83% pada siklus II, pada ranah afektif meningkat memperoleh presentase 67,49% menjadi 80,20% pada siklus II, dan pada ranah psikomotorik meningkat dari siklus I memperoleh presentase 64,58% menjadi 83,74% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 2 Payaman Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, hasil aktivitas siswa, hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada pelajaran PKn materi globalisasi. Maka dari itu dalam pembelajaran guru disarankan untuk mengunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi supaya dapat merangsang siswa untuk aktif dan hasil belajar siswa dapat meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr.Murtono,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Make A Match, Hasil Belajar PKn, Materi Globalisasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Feb 2018 01:42
Last Modified: 09 Feb 2018 01:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7910

Actions (login required)

View Item View Item