Penerapan Model Numbered Heads Togethermateri Perjuangan Pada Masa Penjajahan Belanda Dan Jepang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd 2 Bakalan Krapyak

GIYANDANA, AKHIB (2017) Penerapan Model Numbered Heads Togethermateri Perjuangan Pada Masa Penjajahan Belanda Dan Jepang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd 2 Bakalan Krapyak. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (174kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (195kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (314kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (223kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (159kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (97kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan peningkatan keterampilan guru dalam mengajar dengan diterapkannya model pelajaran Numbered Heads Together materi perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SD 2 Bakalan Krapyak. (2) Menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Heads Together materi perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SD 2 Bakalan Krapyak. Model Numbered Heads Toegther merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional yang terbentuk dalam kelompok dengan pemberian nomor kepala. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Keterampilan guru dalam mengajar meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Numbered Heads Together materi perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang mata pelajaran IPS kelas V SD 2 Bakalan Krapyak dikatakan meningkat. (2) Hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Numbered Heads Together materi perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang mata pelajaran IPS kelas V SD 2 Bakalan Krapyak dikatakan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggrat, yang berlangsung selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap penelitian yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa yang teridri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan IPS siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari 60,83% kriteria cukup baik menjadi 85% kriteria sangat baik (2) Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I memperoleh 63,5% kriteria cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 82,25% kategori baik, hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh 64,17% kategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 84,17% kategori baik dan hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I memperoleh 55% meningkat pada siklus II menjadi 80% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 75%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaranNumbered Heads Togetherpada pembelajaran IPS materi perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepangdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak. Saran untuk guru, diharapkan lebih maksimal dalam membuat perencanaan pembelajaran. Untuk siswa, diharapkan siswa dapat aktif mengikuti pembelajaran. Untuk sekolah, diharapkan sekolah menfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1: IMANIAR PURBASARI,S.Pd,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Numbered Heads Together, keterampilan guru, dan hasil belajar IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Feb 2018 02:28
Last Modified: 09 Feb 2018 02:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7919

Actions (login required)

View Item View Item