Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Complete Sentence Berbantu Media Pop Up Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Karangbener Kudus

ALFIYANDI, DELVI ZUHDI (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Complete Sentence Berbantu Media Pop Up Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Karangbener Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (614kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (306kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (367kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (741kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (323kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (160kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (370kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model Complete Sentence berbantu media pop up dan (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam menulis karangan deskripsi menggunakan model Complete Sentence berbantu media pop up pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD 2 Karangbener. Complete Sentence merupakan strategi pembelajaran yang melatih kemampuan siswa untuk memprediksi fragmen-fragmen teks. Keterampilan menulis merupakan kemampuan menuangkan gagasan ke dalam bentuk bahasa tulis. Media buku pop up merupakan media yang dapat menarik perhatian anak dengan menampilkan bentuk tiga dimensi. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SD 2 Karangbener dengan subjek penelitian 17 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus yang terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya yakni model Complete Sentence, adapun variabel terikatnya yakni keterampilan menulis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik Analisis data yang digunakan yakni analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Complete Sentence dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa yang dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh 65,27% kategori cukup (60-69%) dan meningkat pada siklus II mencapai 79,62% kategori baik (70-79%); (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh 65,99% kategori cukup (60-69%) dan meningkat pada siklus II mencapai 77,75% kategori baik (70-79%); dan (3) keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada prasiklus memperoleh ketuntasan klasikal 41,17%, meningkat pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 64,70% dengan rata-rata nilai 70,47 dan meningkat lagi pada siklus II mencapai ketuntasan klasikal 76,47% dengan rata-rata nilai 78,17%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Complete Sentence dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD 2 Karangbener Dawe Kudus. Saran dari peneliti yakni model Complete Sentence perlu diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1:Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Model Complete Sentence, Media Pop Up.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Feb 2018 02:24
Last Modified: 09 Feb 2018 02:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7920

Actions (login required)

View Item View Item