Penerapan Think Pair Share Berbasis Karakter Kreatif Dan Cinta Tanah Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Pada Siswa Kelas Iv Sd N 4 Honggosoco

Komariyah, Titin Nor (2017) Penerapan Think Pair Share Berbasis Karakter Kreatif Dan Cinta Tanah Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Pada Siswa Kelas Iv Sd N 4 Honggosoco. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (560kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (241kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (313kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (467kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (315kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (127kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (221kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, karakter siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model pembelajaran Think Pair Share berbasis karakter kreatif dan cinta tanah air pada siswa kelas IV SD N 4 Honggosoco Kudus. Model pembelajaran Think Pair Share adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memberikan siswa waktu untuk berpikir dan merespon pertanyaan serta saling bantu satu sama lain dengan berpasangan. Hasil belajar adalah perubahan perilaku akibat belajar. Perubahan perilaku disebabkan karena dia mencapai penguasaan atas sejumlah bahan yang diberikan dalam proses belajar mengajar. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 4 Honggosoco kudus dengan subyek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model think pair share dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan perolehan presentase siklus I 84,84% menjadi 92,04 pada siklus II, hasil belajar siswa ranah kognitif meningkat dari siklus I memperoleh presentase 76,76% menjadi 80,41% pada siklus II, pada ranah afekif meningkat dari siklus I memperoleh 70,36% menjadi 81,81% pada siklus II dan pada ranah psikomotor meningkat dari siklus I memperoleh presentase 66,97% menjadi 79,27% pada siklus II. hasil penilaian karakter kreatif siswa juga meningkat dari siklus I memperoleh prosentase 57,28% menjadi 77,08 pada siklus II dan karakter cinta tanah air siswa meningkat dari siklus I memperoleh 64,37% menjadi 79,79% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, hasil belajar siswa kognitif,afektif dan psikomotorik siswa dan karakter kreatif dan cinta tanah air siswa pada pelajaran PKn materi globalisasi. maka dari dalam pembelajaran guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar, Materi Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Feb 2018 02:48
Last Modified: 09 Feb 2018 02:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7921

Actions (login required)

View Item View Item