PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 2

PUSPITASARI, SHILVIA DIAN (2017) PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 2. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (463kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (235kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (359kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (333kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (134kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (203kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuanuntuk: (1) meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di MI Muhammadiyah 2 dengan menggunakan model Reciprocal Teaching, (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di MI Muhammadiyah 2 dengan menggunakan model Reciprocal Teaching. Pemahaman konsep IPS merupakan perubahan yang mengakibatkan manusia berubah sikap dan tingkah lakunya dalam mata pelajaran IPS. Reciprocal Teaching merupakan model pembelajaran berupa kegiatan mengajarkan materi kepada teman dan memungkinkan siswa untuk melatih dan menggunakan teknik-teknik metakognitif seperti mengklasifikasi, bertanya, memprediksi dan menyimpulkan. Hipotesis dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu (1) penerapan model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS kelas IV di MI Muhammadiyah 2, (2) penerapan model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di MI Muhammadiyah 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Validitas digunakan peneliti untuk menguji kelayakan dari soal tes yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada siklus I dan siklus II. Pemahaman konsep pada siklus I memperoleh persentase sebesar 71% sedangkan untuk aktivitas belajar memperoleh persentase sebesar 61% sehingga masuk dalam kategori aktivitas belajar tinggi. Peningkatan terjadi pada siklus II yang menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa sebesar 78% sedangkan untuk aktivitas belajar siswa memperoleh persentase sebesar 84% sehingga masuk dalam kategori aktivitas belajar sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas IV MI Muhammadiyah 2 dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1: Immaniar Purbasari,S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Reciprocal Teaching, pemahaman konsep siswa, IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Feb 2018 02:56
Last Modified: 09 Feb 2018 02:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7923

Actions (login required)

View Item View Item