Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media Monosikemdo Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Kelas V Sd 4 Karangbener Bae Kudus

QOMARIYAH, NOFITA NURUL (2017) Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media Monosikemdo Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Kelas V Sd 4 Karangbener Bae Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (757kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (225kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (458kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (523kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (278kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB) | Request a copy
[img] PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (28MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana peningkatan kualitas pembelajaran IPS dilihat dari perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar siswa, dan materi pembelajarannya dalam menerapkan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Monosikemdo pada siswa kelas V SD 4 Karangbener. Kualitas pembelajaran adalah suatu tingkatan pencapaian mutu pembelajaran yang melibatkan guru, siswa serta lingkungan dalam menunjang terjadinya proses belajar demi tercapainya tujuan pembelajaran. Think Pair Share adalah model pembelajaran kooperatif yang memberikan siswa untuk berpikir, merespon, saling berkerjasama dan membantu satu sama lain. Monosikemdo adalah salah satu permainan papan yang didalamnya terdapat petak yang dimana setiap pemain dapat memiliki petak tersebut dengan menjawab pertanyaan dan mendapat skor yang tertera. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Think Pair Share berbantuan media Monosikemdo dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V SD 4 Karangbener Bae Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 4 Karangbener dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terditi dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Think Pair Share berbantuan media Monosikemdo. Sedangkan variabel terikatnya adalah kualitas pembelajaran IPS. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai perilaku pembelajaran guru dalam proses pembelajaran pada siklus I 76% (baik), dan siklus II 89% (sangat baik), didukung dengan peningkatan perilaku belajar siswa pada siklus I 74,53% (baik) menjadi 86,72% (sangat baik) dan dampak belajar siswa pada siklus I 75% (baik) menjadi 87,50% (sangat baik) siklus II. Materi pembelajaran IPS juga mengalami peningkatan pada siklus I 77,08% (baik) menjadi 92,71% (sangat baik) siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Think Pair Share berbantuan media Monosikemdo dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V SD 4 Karangbener Bae Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 4 Karangbener dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbantuan media Monosikemdo dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V SD 4 Karangbener Bae Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Think Pair Share berbantuan media Monosikemdo, guru harus membuat remidial bagi siswa yang tidak tuntas dan memberikan waktu bertanya bagi siswa yang kesulitan dengan materi yang disampaikan, selain itu guru harus lebih bervariasi sehingga siswa lebih antusias dan bersemangat dalam proses pembelajaran hingga peran guru sebagai fasilitator dan motivator dapat dioptimalkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Think Pair Share, Monosikemdo, Kualitas Pembelajaran IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Feb 2018 02:59
Last Modified: 09 Feb 2018 02:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7924

Actions (login required)

View Item View Item