PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PMV (PICTURE’S, MINIATUR, AND VIDEO) PADA SISWA KELAS IV SD 3 PEGANJARAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NENDRA, AGUNG DWIKI BAYU (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PMV (PICTURE’S, MINIATUR, AND VIDEO) PADA SISWA KELAS IV SD 3 PEGANJARAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman sampul) - Accepted Version
Download (675kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (299kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (801kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (428kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (374kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (286kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Media PMV (Picture’s, Miniature, Video) dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di SD 3 Peganjaran tahun pelajaran 2016/2017. Hasil belajar IPS adalah pencapaian nilai yang diperoleh sebagai hasil dari pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang telah dilakukan. Penelitian hasil belajar meliputi tiga ranah yakni kognitif, afektif, dan psikomotoris. Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) adalah Pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Media Picture’s, Miniature, Video (PMV) adalah media dalam bentuk gambar-gambar, miniatur dan video yang membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga lebih mudah diterima oleh siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Media PMV (Picture’s, Miniature, Video) dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD 3 Peganjaran tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Peganjaran Kecamatan Bae Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Media PMV (Picture’s, Miniature, Video). Variabel terikat adalah keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa (afektif, psikomotorik, dan kognitif) dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuanmedia Picture, Miniature, Video (PMV). Rata- rata keterampilan guru dari siklus I 75% menjadi 85% pada siklus II dengan kategori baik, mengalami peningkatan sebesar 10%. Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 77% dan siklus II 91% dengan peningkatan 14%.Hasil observasi afektif dan psikomotorik siswa mengalami peningkatan sebesar 6%. Pada siklus I 70% dan siklus II 76% dengan kategori baik. Persentase psikomotorik siswa pada siklus I mencapai 71%, sedangkan pada siklus II menjadi 77% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share terbukti dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 3 Peganjaran Kudus. Saran yang dapat disampaikan adalah sebaiknya guru harus menggunakan metode pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS, sehingga hasil belajar siswa dapat maksimal, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Picture Miniature, Video (PMV).

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Think Pair Share, Media Picture’s, Miniature, Video (PMV)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Feb 2018 03:20
Last Modified: 09 Feb 2018 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7927

Actions (login required)

View Item View Item