Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Seri Siswa Kelas V Sd 1 Loram Kulon Kudus

SAIDAH, UMI (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Seri Siswa Kelas V Sd 1 Loram Kulon Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (419kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (bab 1) - Accepted Version
Download (241kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (419kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (591kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (253kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (bab 6) - Accepted Version
Download (146kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Think Talk Write berbantuan media gambar seri dan menenukan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD 1 Loram Kulon. Keterampiran menulis merupakan salah satu aspek berbahasa yang penting. Keterampilan menulis dapat ditingkatkan menggunakan metode pembelajaran salah satunya adalah metode Think Talk Write. Model Pembelajaran Think-Talk-Write merupakan salah satu dari model pembelajaran kooperatif yang membangun secara tepat untuk berpikir dan refleksikan dan untuk mengkoordinasikan ide-ide tersebut sebelum siswa diminta untuk menulis. Gambar seri adalah gambar yang merupakan rangkaian kegiatan atau cerita disajikan secara berurutan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 1 Loram Kulon dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis narasi. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi melalui penerapan model think talk write berbantuan media gambar seri dari siklus I ke siklus II meningkat, dengan skor rata-rata siklus I sebesar 70 dengan kriteria baik menjadi 82 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi melalui penerapan model think talk write berbantuan media gambar seri meningkat dari skor rata-rata siklus I sebesar 30,59 dengan kriteria tinggi menjadi 33,40 pada siklus II dengan kriteria tinggi dengan 75% siswa pada siklus II mencapai kriteria tinggi. Siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis pada materi menulis karangan narasi melalui penerapan model think talk write berbantuan media gambar seri yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 68,18% dan 86,36% pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model think talk write berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa kelas V SD 1 Loram Kulon Kudus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, Metode Think Talk Write, Media Gambar Seri.  
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Feb 2018 03:31
Last Modified: 09 Feb 2018 03:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7929

Actions (login required)

View Item View Item