Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Modul Praktikum Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Sd 3 Mejobo

ROHMAWATI, DEWI (2017) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Modul Praktikum Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Sd 3 Mejobo. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (418kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (776kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (796kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (525kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (331kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (379kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran think pair share berbatuan modul praktikum pada pelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 3 Mejobo Kudus. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran think pair share dan modul praktikum, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran think pair share berbantuan modul praktikum dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari siklus I ke siklus II memperoleh kenaikan 19% dari 71,50% ke 90,50%. (2) peningkatan hasil belajar IPA siswa pada siklus I ke siklus II memperoleh kenaikan 14,14% dari 69,09% ke 84,40%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran think pair share berbantuan modul praktikum dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia kelas V SD 3 Mejobo Kudus tahun ajaran 2017/2018. Saran dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan strategi dalam pembelajaran agar siswa lebih antusias. Diharapkan guru dapat melakukan berbagai inovasi-inovasi pembelajaran yang membuat siswa berkesan dan bermakna salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran dan secara langsung siswa praktik dalam pembeljaran agar siswa lebih mudah memahami pelajaran dan tidak bosan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Drs. Moh. Kanzunnudin, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Modul Praktikum, Hasil Belajar IPA, Sistem Pernapasan Manusia.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 10 Feb 2018 01:04
Last Modified: 10 Feb 2018 01:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7931

Actions (login required)

View Item View Item