PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD N TLOGOSIH 2 DEMAK

HIMMAWATI, DESI ULYA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD N TLOGOSIH 2 DEMAK. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (634kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (336kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (478kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (315kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (216kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (146kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikanpenerapkan model Problem Based Learningdan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama kelas V SD N Tlogosih 2 Demak. Model Problem Based Learning merupakan pembelajaran dengan mengahadapkan siswa pada permasalah-permasalah praktis sebagai pijakan dalam belajar atau dengan kata lain siswa belajar melalui masalah.Siswa dalam model ini dituntut untuk aktif memecahkan suatu masalah.Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Hipotesis tindakan yang diajarkan adalah hasil belajar PKn, keterampilan guru dengan diterapkannya model Problem Based Learning pada kelas V SD Negeri Tlogosih 2 Demakdapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas V SD Negeri Tlogosih 2 Demak dengan subjek penelitian 24 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus masing – masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi keputusan bersama. Matode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi.Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn, keterampilan guru, dan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada tes evaluasi siklus I 62,5 % meningkat menjadi 96% pada tes evaluasi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 72,29 menjadi 78,95 pada siklus II. (2) keterampilan guru dalam pembelajaran PKn pada siklus I memperoleh nilai 74 dengan kualifikasi “baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 87,7 dengan kualifikasi “sangat baik”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn, keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Tlogosih 2 Demak. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya aktif dan menumbuhkan sikap positif dalam belajar agar dapat meraih hasil belajar yang baik.Bagi guru, hendaknya merencanakan model pembelajaran dan media yang dapat meningkatkan partisipasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan model pembelajaran yang lain, sehingga kualitas pembelajaran dikelas semakin meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Drs.Sucipto,M.Pd.,Kons
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problem Based Learning, Keputusan Bersama, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 10 Feb 2018 01:11
Last Modified: 10 Feb 2018 01:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7932

Actions (login required)

View Item View Item