IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN TEKNIK BDB UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR IPS KELAS IV DI SDN 2 HONGGOSOCO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NAFI’AH, NURUN (2017) IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN TEKNIK BDB UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR IPS KELAS IV DI SDN 2 HONGGOSOCO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (779kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (531kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (497kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (315kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (97kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (207kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (daftar lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (21MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam pengelolaan kelas mata pelajaran IPS dengan implementasi model Quantum Teaching dengan teknik BDB, serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Honggosoco setelah diimplementasikannya model Quantum Teaching teknik BDB. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki seorang siswa dengan melakukan kegiatan belajar yang terukur oleh hasil evaluasi yang terdiri dari tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Quantum Teaching adalah model pembelajaran yang dilakukan dengan memaksimalkan interaksi terhadap siswa dengan lingkungan belajar melalui rancangan, penyajian, dan fasilitas yang ada di sekitar siswa sehingga siswa dapat membangun dan mengembangkan konsep belajar secara mandiri dan guru yang bertindak sebagai pengarah dan fasilitator. Teknik BDB merupakan teknik bercerita dan bernyanyi, bercerita merupakan seni sastra yang dapat dinikmati dan disukai oleh anak, sedangkan bernyanyi yang dimaksud adalah nyanyian yang syairnya disesuaikan dengan meteri pembelajaran yang sedang diajarkan. Penelitian ini merupakan tindakan kelas dengan mengadopsi prosedur penelitian dari Hopkins. Penelitian akan dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Honggosoco, Jekulo, Kudus dengan subyek penelitian 17 siswa. Prosedur penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, aksi, observasi dan refleksi. Variable bebas adalah model Quantum Teaching dengan teknik BDB. Sedangkan variable terikat adalag hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan mengimplementasikan model Quantum Teaching dengan teknik BDB (becerita dan bernyanyi) dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta keterampilan mengajar guru dalam mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi serta pengalaman menggunakannya. Hal-hal tersebut dpat dibuktikan dengan terpenuhinya indikato keberhasilan yang sudah ditentukan. Yaitu (1) Peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II dari persentase 91,9% mengalami peningkatan sebesar 4,25% menjadi 96,15%. (2) Hasil belajar IPS siswa pada masing-masing ranah setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada ranah kognitif rata-rata siklus I memperoleh persentase 70,6% mengalami peningkatan sebesar 17,6% pada siklus II menjadi 88,2%. Hasil belajar ranah afektif rata-rata siklus I memperoleh persentase 91,5% mengalami peningkatan 3,6% pada siklus II menjadi 95,14%. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I rata-rata persentase 84,4% mengalami peningkatan sebesar 11,5% pada siklus II menjad 95,95%. Tercapainya indikator keberhasilan peneliti membuktikan bahwa implementasi model Quantum Teaching dengan teknik BDB dapat meningkatkan hasil belajar IPS yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa kelas IV SDN 2 Honggosoco pada materi perkembangan teknologi serta penglaman menggunakannya. Simpulan dalam penelitian ini yaitu implementasi model Quantum Teaching dengan teknik BDB dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi serta pengalaman menggunakannya di kelas IV SDN 2 Honggosoco tahun pelajaran 2016/2017. Saran yang diberikan dalam penelitian ini, bagi siswa yang hasil belajar ranah kognitifnya belum tuntas hendaknya mendapat bimbingan dan penanganan khusus, sedangkan bagi siswa lain hendaknya lebih teliti dalam mengerjakan tugas dan bersungguh-sungguh memerhatikan penjelasan guru agar dapat menyerap pembelajaran lebih maksimal. Bagi guru hendaknya menerapkanan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif, agar hasil belajar siswa dapat meningkat dala semua ranah belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1: Erik Aditia Ismaya,S.Pd.,M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Quantum Teaching,Teknik BDB, Hasil Belajar IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 10 Feb 2018 01:19
Last Modified: 10 Feb 2018 01:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7934

Actions (login required)

View Item View Item