Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Media Koran Pada Siswa Kelas V Sd N 3 Mejobo Kudus

HUSNA, MALIYYA (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Media Koran Pada Siswa Kelas V Sd N 3 Mejobo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (520kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (538kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (336kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (274kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (493kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berbahasa pada aspek menulis pada siswa kelas V SD N 3 Mejobo Kudus. Hasil wawancara dengan guru kelas V didapatkan informasi bahwamenulis puisi bebas merupakan salah satu pokok bahasan yang dianggap sulit di semester 2. Pemilihan kata atau diksi, merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi bebas.Hal ini disebabkan karena kurangnya perbendaharaan kata yang dimiliki siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimanakahketerampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi bebas dengan diterapkannya model Cooperative Integrated Reading and Compositionberbantuan media koran pada siswa kelas V SD N 3 Mejobo Kudus? (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan diterapkannya model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media koran pada siswa kelas V SD N 3 Mejobo Kudus? (3) Bagaimanakah penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition dan media koran dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas pada siswa kelas V SD N 3 Mejobo Kudus? Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru,aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Compositionberbantuan koran, dan keterampilan menulis puisi bebas siswa pada siswa kelas V SD N 3 Mejobo Kudus. Model Cooperative Integrated Reading and Composition merupakansuatu model untuk mempelajari bahasa secara keseluruhan yakni, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dengan model ini siswa belajar secara aktif mulai dari menyimak puisi yang dibacakan guru, berdiskusi tentang puisi, membaca puisi, dan akhirya dapat menulis puisi bebas dengan bantuan koran. Media koran berfungsi untuk memudahkan siswa dalam berimajinasi, karena sifat dari koran sebagai bahan bacaan dimana koran tersebut sudah tersedia wacana, dimana nanti siswa diminta untuk membuat puisi bebas sesuai dengan wacana koran tersebut, sehingga siswa menemukan inspirasi berkata-kata yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitumeningkatkan keterampilan guru,aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan koran, dan keterampilan menulis puisi bebas siswapada siswa kelas V SD N 3 Mejobo Kudus dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD N 3 Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 21siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model meningkatkan keterampilan guru,aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan koran,sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V SD N 3 Mejobo Kudus. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dari tindakan selanjutnya dianalisisi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media koranmeningkatkan keterampilan guru,aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan koran, dan keterampilan menulis puisi bebas siswa . Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan belajar klasikal pada tes keterampilan menulis puisi bebas siklus I 71,42% meningkat menjadi 90,47% pada tes keterampilan menulis puisi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 65,95 menjadi 77,14 pada siklus II, (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 88,56 dengan kriteria “sangat tinggi” dan meningkat pada siklus II menjadi 95,83 dengan kriteria “sangat tinggi”, dan (3) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 66,40 dengan kriteria “tinggi” meningkat pada siklus II menjadi 80,83 dengan kriteria “sangat tinggi”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media korandapatmeningkatkan keterampilan guru,aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan koran, dan keterampilan menulis puisi bebas siswa pada siswa kelas V SD N 3 Mejobo Kudus.Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Compositiondalam meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa Indonesia dan guru harus kreatif membuat media agar pembelajaran lebih menyenangkan dan membantu siswa dalam proses belajar.Bagi siswa, hendak memiliki kebiasaan belajar yang baik sehingga pembelajaran lebih bermakna.Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian lain yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Irfai Fathurohman, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan menulis Puisi Bebas, Cooperative Integrated Reading and Composition , Koran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 10 Feb 2018 01:23
Last Modified: 10 Feb 2018 01:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7935

Actions (login required)

View Item View Item