Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd 4 Jati Wetan

SHOLIHIN , ANNAS TAUFIQ (2017) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd 4 Jati Wetan. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (266kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (411kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (633kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (427kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (340kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (164kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan mode lTwo Stay Two Stray dengan media Puzzle dan menemukan peningkatan keterampilan guru dan peningkatan hasil belajar IPS ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada siswa kelas V SD 4 JatiWetan. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang meliputi tiga ranah, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Two Stay Two Stray merupakan sistem pembelajaran kelompok dengan tujuan agar siswa dapat saling bekerjasama, bertanggungjawab, saling membantu memecahkan masalah. Media Puzzle adalah komponen sumber belajar yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Hipotesis tindakan penelitian ini yakni peningkatan keterampilan mengajar guru, dan peningakatan hasil belajar siswa melalui model Two Stay Two Stray dengan media Puzzle pada siswa kelas V SD 4 JatiWetan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas telah dilaksanakan di kelas V SD 4 JatiWetan dengan subjek penelitian guru kelas V dan 27 siswakelas V. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yakni model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan media Puzzle. Sedangkan variabel terikatnya yakni hasilbelajar. Instrumen penelitian ini yakni tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data menggunakankuantitatifdankualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pengelolaan pembelajaran model Two Stay Two Stray mengalami peningkatan pada siklus I 78,33% (baik) menjadi 84,16%(baik) pada siklus II. Hasil belajar IPS siswa kelas V materi mempertahankan kemerdekaan yang cukup signifikan antara siklus I (73%), dan siklus II (82,90%), didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I 74,7% (baik) menjadi 84% (baik) pada siklus II, perubahan hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I 78,51% (baik) menjadi 84,61% (baik) siklus II. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada kelas V SD 4 Jati Wetan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Two Stay Two Straydengan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPSmempertahankan kemerdekaan kelas V SD 4 Jati Wetan. Siswa diharapkan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran IPS.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1:Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci:HasilBelajar, Model Two Stay Two Stray, MediaPuzzle
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 10 Feb 2018 01:33
Last Modified: 10 Feb 2018 01:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7937

Actions (login required)

View Item View Item