Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Model Think Talk Write Berbantuan Lingkungan Belajar Pada Siswa Kelas Iv Sdn 1 Menganti Jepara

SUTRISNO, KOMANG TRI (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Model Think Talk Write Berbantuan Lingkungan Belajar Pada Siswa Kelas Iv Sdn 1 Menganti Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (558kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I_TERBUAIK.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II_TERBUAIK.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III_TERBUAIK.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV_terbuaik.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V_terbuaik_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI_terbuaik_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_TERBUAIK.pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN_terbuaik.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis pantun dengan model think talk writeberbantuan lingkungan belajar (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis pantun dengan model think talk write berbantuan lingkungan belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 1 MengantiJepara (3) Menemukan peningkatan keterampilan menulis pantun. Keterampilan menulis merupakan kemampuan menuangkan buah pikiran ke dalam bentuk bahasa tulis. Lingkungan Belajar adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat berlangsungnya proses belajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model think talk write berbantuan lingkungan belajar dapat meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Indonesia materi pantun bagi siswa kelas IV SDN 1 Menganti Jepara. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Menganti Jepara dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini, berlangsung dalam dua siklus. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah adalah model think talk write. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis pantun(1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh nilai persentase 81,25% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 85,41% dengan kategori baik; (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 76,16% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 81,78% dengan kategori sangat baik; dan (3) keterampilan menulis pantun siswa pada prasiklus memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebanyak 73,6%, meningkat pada tes siklus I dengan ketuntasan klasikal mencapai 71,13% dengan rata-rata nilai 79,12% dan terjadi peningkatan lagi pada siklus II mencapai ketuntasan klasikal 85,29% dengan rata-rata nilai 79,17%.. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis pantun siswa kelas IV SDN 1 Menganti Jepara. Saran yang disampaikan yakni guru harus bisa memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran dengan melakukan bimbingan secara intensif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Drs.Moh Kanzunnudin,M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci: Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran Think Talk Write, Lingkungan Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 10 Feb 2018 01:34
Last Modified: 10 Feb 2018 01:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7938

Actions (login required)

View Item View Item