PANGESTUTI, EKA DEWI (2017) Peningkatan Disposisi Matematika Menggunakan Model Savi Berbantuan Komik Materi Pecahan Kelas Iv Sd 4 Karangmalang. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (779kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (150kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan model SAVI berbantuan komik, aktivitas belajar siswa dengan model SAVI berbantuan komik, prestasi belajar siswa pada materi pecahan dan disposisi matematika siswa pada materi pecahan. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV SD 4 Karangmalang Gebog Kudus yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yakni pedoman wawancara guru, pedoman wawancara siswa, angket disposisi pada setiap siklus, soal tes pada setiap siklus, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disposisi matematika siswa dilihat dari hasil angket disposisi matematika menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 2,55 dan pada siklus II meningkat menjadi 2,75 dengan kriteria tinggi. Aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 2,53 meningkat pada siklus II menjadi 3,00 dengan kriteria baik. Prestasi belajar matematika siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 73,08% dan pada siklus II meningkat menjadi 78%. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 2,61 meningkat pada siklus II menjadi 3,50 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan komik dapat meningkatkan disposisi matematika siswa, aktivitas belaja matematika siswa, prestasi belaja matematika siswa, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaan pada materi penyelesaian masalah pecahan. Saran setelah dilakukan penelitian ini hendaknya dalam menerapkan model SAVI berbantuan komik guru lebih optimal membimbing siswa dalam diskusi kelompok dengan memberikan tugas dibagi secara merata kepada setiap anggota kelompok supaya siswa tidak mengandalkan temannya dalam mengerjakan tugas kelompok.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 :Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Disposisi Matematika, Model SAVI Bebantuan Komik, Pecahan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 10 Feb 2018 02:27 |
Last Modified: | 10 Feb 2018 02:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7947 |
Actions (login required)
View Item |