Penerapan Model Concept Sentence Berbantuan Media Komik Strip Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Kedungdowo Kudus

YULIATI, YULIATI (2017) Penerapan Model Concept Sentence Berbantuan Media Komik Strip Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Kedungdowo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL.JUDUL) - Accepted Version
Download (516kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (248kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (557kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (475kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (236kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (bab 6) - Accepted Version
Download (110kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (210kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan modelconsept sentence berbantuan media komik strip dan menemukan peningkatan keterampilan menulis narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD 3 Kedungdowo. Keterampilan menulis karangan narasi adalah keterampilan seseorang dalam menulis karangan dengan tujuan menyampaikan peristiwa yang telah terjadi atau cerita yang dibumbuhi imajinasi penulis.Model pembelajaran Consept Sentence adalah model pembelajaran yang diawali dengan menyampaikan kompetensi, sajian materi, pembentukan kelompok, pemberian kata kunci, presentasi kelompok dan penyimpulan pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD 3 Kedungdowo sebanyak 17 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah modelconsept sentence berbantuan media komik strip. Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis narasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai keterampilan mengajar guru siklus I (72,2%) meningkat pada siklus II ( 90,3%). Aktivitas siswa siklus I (58,3%)meningkat pada siklus II (88,82%). Hasil nilai akhir menulis karangan narasi menunjukkan persentase ketuntasan pada siklus I mencapai (58,82%)meningkat pada siklus II (88,24%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran consept sentence berbantuan media komik dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SD 3 Kedungdowo. Saran dalam penelitian ini, bagi siswa hendaknya berani mengungkapkan pendapat, lebih aktif dalam pembelajaran.Bagi guru hendaknya menggunakan model pembelajaran inovatif dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Bagi sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk memperlancar proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Consept Sentence, Media Komik Strip, Keterampilan Menulis Karangan Narasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 10 Feb 2018 02:51
Last Modified: 10 Feb 2018 02:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7950

Actions (login required)

View Item View Item