Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Sumber Belajar Lingkungan Pada Perkembangan Teknologi

WIBOWO, MEILAWATI (2017) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Sumber Belajar Lingkungan Pada Perkembangan Teknologi. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (318kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (327kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (583kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (99kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (152kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan sumber belajar lingkungan materi perkembangan teknologi dapat meningkatkan pemahaman konsep di SDN 1 Medini, (2) Mengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran perkembangan teknologi dengan diterapkannya model Think Pair Share dengan sumber belajar lingkungan (3) Mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran perkembangan teknologi dengan diterapkannya model Think Pair Share dengan sumber belajar lingkungan. Pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa dalam menguasai dan mengungkapkan kembali materi serta dapat mengaplikasikannya kedalam pemecahan masalah. Think Pair Share (TPS) merupakan model pembelaran yang yang dilakukan secara berpasangan (2 orang). Pendekan lingkungan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan lingkungan untuk berlangsungnya proses belajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SDN 1 Medini pada materi perkembangan teknologi,meningkatkan keterampilan mengajar guru,dan meningkatkan aktivitas belajar siswa, Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di Kelas IV SDN 1 Medini, dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa. Pada penelitian ini menjadi variabel bebas yakni model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan sumber belajar lingkungan, dan variabel terikat yakni meningkatkan pemahaman konsep IPS di SDN 1 Medini. Tenik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasai, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 62,5% dan siklus II meningkat menjadi 87,5% dengan rata-rata 79,5. Rata-rata keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 81,18% dan siklus II meningkat menjadi 86,36%. Rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 68,8% dan siklus II meningkat menjadi 76,77%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share dengan sumber belajar lingkungan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, keterampilan mengajar guru, dan aktiitas belajar. Adapun saran yang diberikan yaitu siswa dapat lebih giat lagi dalam mengikuti pemebelajaran IPS, dan pada pihak guru lebih mengoptimalkan perannya sebagai motivator dan fasilator.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Imaniar Purbasari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pemahaman konsep IPS, Model Think Pair Share, pendekatan lingkungan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 10 Feb 2018 02:58
Last Modified: 10 Feb 2018 02:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7951

Actions (login required)

View Item View Item