PENERAPAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN Pkn KELAS IV SDN 1 NGEMBAL KULON KUDUS

PRASSETYA, DIMAS YUDHA (2017) PENERAPAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN Pkn KELAS IV SDN 1 NGEMBAL KULON KUDUS. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman depan]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of bab  3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterampilan guru dalam mengelolah pembelajaran PKn materi globalisasi dengan diterapkannya model pembelajaran Talking Stick (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn materi globalisasi dengan diterapkannya model pembelajaran Talking Stick (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 1 Ngembal Kulon. Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. Peningkatan hasil belajar PKn dapat dilakukan melalui penerapan model Talking Stick. Taling Stick merupakan model pembelajaran dengan bantuan tongkat dan musik pengiring. Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 1 Ngembal Kulon. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Ngembal Kulon dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan, yakni (1) keterampilah guru dalam mengelola pembelajaran PKn materi globalisasi pada siklus I memperoleh nilai persentase 67,58% dengan kategori “Cukup” meningkat pada siklus II menjadi 78,23% dengan kriteria “Baik”; (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai persentase 67,03% dengan kategori “Cukup” meningkat pada siklus II menjadi 78,34% dengan kategori “Baik”; (3) hasil belajar siswa pada prasiklus memperoleh persentase 60,9%, meningkat pada tes siklus I menjadi 66,67% dengan rata-rata kelas 74,67. Meningkat lagi pada siklus II dengan persentase mencapai 83,33% dan nilai rata-rata kelas 83. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru mengajar, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Ngembal Kulon Kudus. Saran yang disampaikan yakni guru harus bisa memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran dengan melakukan bimbingan secara intensif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Murtono, M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci: Talking Stick, Hasil Belajar PKn, Globalisasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 10 Feb 2018 03:08
Last Modified: 10 Feb 2018 03:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7952

Actions (login required)

View Item View Item