Penerapan Model Cooperative Integrated, Reading And Composition Berbantuan Album Gambaruntuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita Anak Pada Siswa Kelas V Sd 3 Jekulo Kudus

ARDIYANI, RIRIN (2017) Penerapan Model Cooperative Integrated, Reading And Composition Berbantuan Album Gambaruntuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita Anak Pada Siswa Kelas V Sd 3 Jekulo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (617kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (501kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (547kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (211kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model CIRC Berbantuan Album Gambardan menemukan peningkatan keterampilan membaca pemahaman materi menyimpulkan isi cerita anak kelas V SD 3 Jekulo. Membaca pemahaman merupakan membaca yang dilakukan secara cermat yang digunakan untuk memperoleh pemahaman (sepenuhnya) atas suatu bahan bacaan. CIRC adalah sebuah program yang komprehensif untuk mengajari pembelajaran membaca, menulis, dan seni berbahasa pada kelas yang lebih tinggi di sekolah dasar. Album Gambaradalah sebuah media yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran yang berfungsi menyampaikan pesan-pesan pembelajaran yang dituangkan melalui sebuah gambar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CIRC berbantuan Album Gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca cerita anak pada siswa kelas V SD 3 Jekulo. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 3 Jekulo dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model CIRCBerbantuan Album Gambar. Sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca pemahaman cerita anak.. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai keterampilan guru dalam mengajar menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan album gamabr pada siklus I 81,61% (baik) menjadi 86,76% (sangat baik) siklus II, didukung dengan peningkatan aktivitas siswa dalam belajar pada siklus I 69,87% (baik) menjadi 80% (Sangat baik) siklus II. Keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia juga mengalami peningkatan antara siklus I (60%) dan siklus II (86,7%). Hal itu membuktikan bahwa melalui model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa dalam belajar dan keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 3 Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelejaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa dalam belajar, dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD 3 Jekulo Kudus.  

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: CIRC, Album Gambar, Keterampilan Membaca Pemahaman, Menyimpulkan isi cerita anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 10 Feb 2018 03:52
Last Modified: 10 Feb 2018 03:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7956

Actions (login required)

View Item View Item