Peningkatan Prestasi Belajar Ips Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Model Group Investigation Berbantu Permainan Monisa (Monopoli Sejarah) Pada Siswa Kelas V Sdn Demangan Kudus

ULFAH, NOOR FITRIA (2017) Peningkatan Prestasi Belajar Ips Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Model Group Investigation Berbantu Permainan Monisa (Monopoli Sejarah) Pada Siswa Kelas V Sdn Demangan Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (632kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (591kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (500kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (286kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (213kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (420kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi dengan menerapkan model Group Investigation berbantu permainan monisa pada siswa kelas V SDN Demangan. Model Group Investigation berbantu permainan monisa yakni pembelajaran kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa yang setiap anggota memiliki tugas masing-masing dalam melaksanakan penyelidikan terhadap suatu topik diiringi permainan monisa untuk menyelesaikan laporan akhir, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Sementara prestasi belajar merupakan salah satu bukti keberhasilan siswa ketika menempuh kegiatan pembelajaran di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pelaksanaan setiap siklus melalui empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Demangan dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V SDN Demangan berjumlah 21 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Group Investigation berbantu permainan monisa sedangakan variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS menggunakan model Group Investigation berbantu permainan monisa dapat meningkatkan (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari presentase siklus I 83,3% menjadi 93,9% pada siklus II yang merupakan kriteria sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari presentase 72,99% menjadi 86,38% yang juga merupakan kriteria sangat baik, (3) pada ranah kognitif skor rata-rata prestasi belajar IPS prasiklus adalah 66,47 dan ketuntasan klasikalnya 33,3%, meningkat pada siklus I dengan skor rata-rata 69,47 dengan ketuntasan 71,4% (naik dari nilai awal 38,1%). Skor rata-rata siklus II adalah 77,27 dengan ketuntasan 95,2% (naik 23,8%). Ranah afektifnya meningkat cukup signifikan dari siklus I 71,64% ke siklus II 84,04% (kriteria sangat baik) dan ranah psikomotorik meningkat dari siklus I 69,43% ke siklus II 81,24% (kriteria sangat baik), sehingga secara keseluruhan prestasi belajar siswa meningkat pada ketiga ranah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas V SDN Demangan dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation berbantu permainan monisa dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan prestasi belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pembelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya melaksanakan pembelajaran dengan model Group Investigation yang bisa lebih diinovasikan pada pembelajaran IPS.  

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Group Investigation
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 10 Feb 2018 04:36
Last Modified: 10 Feb 2018 04:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7961

Actions (login required)

View Item View Item