Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Berbantuan Media Video Pembelajaran Di Kelas V Sdn Langenharjo 01 Pada Pembelajaran Ips

FITRIANI, IIN NANDA (2017) Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Berbantuan Media Video Pembelajaran Di Kelas V Sdn Langenharjo 01 Pada Pembelajaran Ips. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (108kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (404kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (219kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuan mendiskripsikanPenerapan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Materi Perjuangan mempertahankan Kemerdekaan Pada Kelas V SDN Langenharjo 01 dan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan diterapkannya model Snowball Throwing dengan berbantuan media video pembelajaran di SDN Langenharjo 01. Kemampuan berfikir kritis merupakan kemampuan berfikir secara logis dalam memecahkan suatu masalah dan dalam memutuskan suatu masalah harus dengan tepat sekaligus penuh pertimbangan berdasarkan data yang diperoleh.ModelSnowball Throwingmerupakan pembelajaran yang menggali potensi kepemimpinan siswa dalam kelompok dan ketrampilan membuat, menjawab pertanyaan yang dipadukan melalui suatu permainan imajinatif membentuk dan melempar bola salju. Sedangkan aktivitas siswa merupakan kegiatan yang dilakukan oleh siswa untuk membangun keterampilan dan pengetahuan dalam kegiatan pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model Snowball Throwingberbantuan media video pembelajarandapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan aktivitas belajar siswa materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN Langenharjo 01. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN Langenharjo 01 dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung pada dua siklus, setipa siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variable bebas adalah model snowball throwing berbantuan media video pembelajaran. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berfikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan terhadap nilai kemampuan berfikir kritis siswa materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan yaitu dari siklus I ketuntasan klasikal sebesar 50% (kurang kritis) dan meningkat pada siklus II sebesar 85% (kritis) didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I sebesar 64% (Cukup baik) meningkat pada siklus II sebesar 73% (Baik). Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dan aktivitas belajar siswa pad materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN Langenharjo 01. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Langenharjo 01 dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dan aktivitas belajar siswa pad materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN Langenharjo 01.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Imaniar Purbasari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kemampuan Berfikir Kritis, Snowball Throwing.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 01:02
Last Modified: 12 Feb 2018 01:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7965

Actions (login required)

View Item View Item