Peningkatan Keterampilan Membaca Pantun Melalui Model Cooperative Integrated, Reading And Composition Berbantuan Komik Strip Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Sidorekso Kudus

ESTI, MUNING SETIO (2017) Peningkatan Keterampilan Membaca Pantun Melalui Model Cooperative Integrated, Reading And Composition Berbantuan Komik Strip Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Sidorekso Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman sampul) - Accepted Version
Download (549kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (417kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (434kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (178kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (268kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model cooperative integrated, reading and composition dan menemukan peningkatan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi membaca pantun kelas IV SD 2 Sidorekso. Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang terdapat dalam kurikulum pembelajaran. Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) adalah suatu rangkaian model pembelajaran yang menekankan pada proses keterampilan membaca untuk mencari atau menemukan sebuah informasi didalam bacaan. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model cooperative integrated, reading and composition berbantuan media komik dapat meningkatkan keterampilan membaca pantun bagi siswa kelas IV SD 2 Sidorekso. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 2 Sidorekso dengan subjek penelitian 35 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model cooperative integrated, reading and composition berbantuan komik strip. Sedangkan variabel terikat adalah keterampilan membaca pantun. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai belajar bahasa Indonesia siswa pada materi membaca pantun yang signifikan antara siklus I (64,71%), dan siklus II (94,12%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 68,75% (cukup), dan pada siklus II menjadi 83,35% (sangat baik). Keterampilan mengajar guru dengan model cooperative integrated, reading and composition tidak mengalami peningkatan namun tetap stabil pada siklus I rata-rata 44,5 (baik) menjadi 45,5 pada siklus II (baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model cooperative integrated, reading and composition berbantuan komik strip dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV SD 2 Sidorekso Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Sidorekso dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative integrated, reading and composition berbantuan komik strip dapat meningkatkan keterampilan membaca pantun pada siswa kelas IV SD 2 Sidorekso Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model cooperative integrated, reading and composition berbantuan komik strip, guru harus memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya agar siswa lebih berani dan percaya diri.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Mila Rosya, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC), Keterampilan membaca, komik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 01:32
Last Modified: 12 Feb 2018 01:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7972

Actions (login required)

View Item View Item