PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS V SD 1 MEJOBO KUDUS

HARDIANTO, JERRY (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS V SD 1 MEJOBO KUDUS. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (589kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui model mind mapping berbantuan lingkungan sekitar dan menemukan peningkatan keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas kelas V SD 1 Mejobo Kudus. Keterampilan menulis puisi bebas yaitu keterampilan sastra yang dimiliki individu dalam menuangkan ide-ide atau gagasan yang ada di pikiran ke dalam sebuah tulisan yang mengandung makna dan memiliki nilai keindahan bagi pembacanya serta tidak terikat seperti puisi lama. Model mind mapping merupakan model pembelajaran yang mampu memetakan pikiran untuk mengembangkan gagasan-gagasan yang dimiliki seseorang melalui rangkaian cabang-cabang pikiran. Lingkungan sekitar merupakan sumber belajar yang ada di luar kondisi siswa (di sekeliling siswa) baik berupa makhluk hidup maupun benda mati dan dapat dijadikan sebagai perantara dalam proses belajar mengajar. Hipotesis penelitian ini yakni terdapat peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi bebas siswa melalui model mind mapping berbantuan lingkungan sekitar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas pada siswa kelas V SD 1 Mejobo Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 1 Mejobo Kudus yang terdiri atas 30 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yakni observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes penilaian menulis puisi bebas siswa dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai keterampilan menulis puisi bebas pada siklus I (70,83%) mengalami peningkatan pada siklus II (75,83%), peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 75,46% (Baik) mengalami penigkatan pada siklus II menjadi 82,41% (Sangat Baik), dan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70,10% (Baik) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76,93% (Baik). Penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis puisi bebas melalui model mind mapping berbantuan lingkungan sekitar pada siswa kelas V SD 1 Mejobo Kudus. Selanjutnya, peneliti memberikan saran kepada guru untuk meningkatkan pengelolaan kelas agar terciptanya kondisi suasana belajar yang kondusif dan guru perlu menstimulus siswa untuk bertanya kepada guru mengenai materi pembelajaran. Bagi siswa, siswa perlu meningkatkan rasa berani dalam bertanya kepada guru mengenai pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci: Keterampilan Menulis Puisi Bebas, Model Mind Mapping, Lingkungan Sekitar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:38
Last Modified: 12 Feb 2018 01:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7973

Actions (login required)

View Item View Item