Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Animasi Siswa Kelas Iv Sd 5 Dersalam

UTAMI, OKTAFIANA DWI (2017) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Animasi Siswa Kelas Iv Sd 5 Dersalam. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (553kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (410kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (368kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (249kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (146kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (149kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Talkig Stick berbantuan media gambar animasi siswa kelas IV SD 5 Dersalam. Hasil Belajar adalah perubahan tingkah laku dari setiap individu yang didalamnya terdiri dari tiga komponen yaitu, kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). IPS adalah mata pelajaran yang merupakan kombinasi dari berbagai disiplin ilmu sosial diantaranya ekonomi, sejarah, geografi, sosiologi yang pokok bahasannya mempersoalkan manusia dan fenomena yang terjadi dilingkungannya. Model pembelajaran Talking Stick merupakan model pembelajaran dengan menggunakan bantuan tongkat, siswa mana yang mendapat tongkat terakhir maka siswa tersebut yang harus menjawab. Media gambar animasi adalah media gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar yang berubah beraturan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan kepada siswa kelas IV SD 5 Dersalam yang subjek penelitiannya berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel besar adalah model pembelajaran Talking Stick berbantuan media gambar animasi. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian siklus I pengelolaan pembelajaran guru mencapai persentase ketuntasan 67,24% dengan kriteria “baik” dan mengalami peningktan siklus II menjadi 85,77% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil belajar IPS siswa ranah kognitif siklus I pesentase ketuntasan 53,3% dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 80%. Hasil belajar IPS siswa ranah afektif siklus I pesentase ketuntasan 69,47% dengan kriteria “baik” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 81,45% dengan kriteria “baik”. Hasil belajar IPS siswa ranah psikomotrik siklus I pesentase ketuntasan 67,61% dengan kriteria “baik” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 83,92% dengan kriteria “baik”. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 5 Dersalam dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media gambar animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik ranah kognitif afektif dan psikomotorik dari siswa SD 5 Dersalam. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model Talking Stick berbantuan media gambar animasi, guru hendaknya melibatkan siswa dalam pembelajaran, guru memberikan pertanyaan agar siswa aktif sehingga mampu meningkatkan rasa percaya diri dan siswa berani mengemukakan pendapatnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Dr.Utaminingsih M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Talking Stick, Media Gambar Animasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 01:42
Last Modified: 12 Feb 2018 01:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7974

Actions (login required)

View Item View Item