Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Berseri Pada Pembelajaran Ips Kelas V Sdn 2 Pecangaan Wetan

ULFA, YENI MELINA (2017) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Berseri Pada Pembelajaran Ips Kelas V Sdn 2 Pecangaan Wetan. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan Penerapan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Materi Perjuangan Memperhatikan Kemerdekaan Kelas V SDN 2 Pecangaan Wetan. (2) Untuk Mengetahui Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share berbantuan Media Gambar Berseri kelas V SDN 2 Pecangaan Wetan. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir dalam memecahkan suatu masalah yang sedang terjadi. Ketika manusia sedang dihadapkan pada suatu masalah ia harus bisa mampu membuat keputusan secara logis dan tepat. Model Think Pair Share merupakan salah satu bentuk metode pembelajaran kooperatif secara berpasangan yang memberi waktu untuk berpikir, merespon, serta saling membantu sama lain. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan model Think Pair Share berbantuan media gambar berseri pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan kelas V SDN 2 Pecangaan Wetan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Pecangaan Wetan dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan terhadap nilai kemampuan berpikir kritis siswa materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan yaitu siklus I ketuntasan klasikal sebesar 50% (kurang kritis) dan meningkat pada siklus II sebesar 97% (kritis) didukung dengan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I sebesar 50% meningkat pada siklus II sebesar 97%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model Think Pair Share berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan aktivitas siswa pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 2 Pecangaan Wetan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 2 Pecangaan Wetan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan kelas V SDN 2 Pecangaan Wetan. Peneliti menyarankan agar penggunaan model Think Pair Share dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan dengan penggunaan alat peraga yang sesuai sehingga siswa dapat menyerap materi dengan mudah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Imaniar Purbasari, M.Pd
Kata Kunci: Kata Kunci: Think Pair Share, Kemampuan Berpikir Kritis, IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:47
Last Modified: 12 Feb 2018 01:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7975

Actions (login required)

View Item View Item