Penerapan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Video Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Peninggalan Sejarah Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar 5 Jekulo Kudus

Adhiyaksa, Abdul Rizal Andhika (2017) Penerapan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Video Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Peninggalan Sejarah Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar 5 Jekulo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (641kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (531kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (406kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (434kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (43kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (162kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian; 1) Meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS melalui penerapan CTL berbantuan media video interaktif. 2) Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan 3) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan CTL berbantuan media video interaktif. Pembelajaran CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa, yang mencakup 7 komponen yaitu kontruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Media pembelajaran video alternatif adalah alat bantu pembelajaran berupa gambar dan suara berbahasa Indonesia yang berisi program pembelajaran. Hasil belajar IPS adalah perolehan nilai evaluasi siswa pada aspek kognitif dan afektif pada pelajaran IPS materi peninggalan sejarah. Penerapan Contextual Teaching and Learning dengan media video interaktif yang dilaksanakan secara tepat dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 5 Jekulo, Kudus, Penerapan Contextual Teaching and Learning dengan media video interaktif yang dilaksanakan secara tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 5 Jekulo, Kudus. Penelitian dilaksanakan di SD 5 Jekulo,Kudus dengan subyek penelitian 25 siswa. variabel bebas pembelajaran CTL dan video interaktif variabel terikat hasil belajar IPS. Sumber data berupa guru kelas, siswa dokumen dan hasil tes. Prosedur penelitian PTK dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data wawancara, pengamatan, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian; instrumen pembelajaran (silabus, RPP dan video interaktif) serta instrumen penilaian aspek kognitif dan afektif. Validasi data; triangulasi sumber data, uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan model interaktif deskriptif persentase. Indikator proses aktivitas dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS dalam kategori baik dengan persentase minimal 75%. Indikator hasil Sebanyak 75% siswa kelas IV SDN 5 Jekulo, Kudus memperoleh ketuntasan belajar sesuai KKM sekolah yaitu 70 dalam pembelajaran IPS menggunakan pembelajaran CTL dengan video interaktif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 73% (baik) pada siklus II meningkat menjadi 94% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 58% (cukup) pada siklus II meningkat menjadi 92% (sangat baik). Hasil belajar siswa kondisi awal sebesar 35% (kurang), pada siklus I meningkat menjadi 60% (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 92% (sangat baik). Simpulan hasil penelitian melalui penerapan CTL berbantuan media video interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS pada materi peninggalan sejarah pada siswa kelas IV SDN 5 Jekulo Kudus. Untuk itu disarankan agar guru menggunakan video interaktif dalam pembelajaran, kepada siswa untuk sadar akan pentingya belajar, dan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan dengan metode penelitian yang lebih baik dan menggunakan variabel yang berbeda.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Dr.Murtono,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: CTL, Media Video Interaktif, dan Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 01:49
Last Modified: 12 Feb 2018 01:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7976

Actions (login required)

View Item View Item