Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Sejarah Proklamasi Pada Kelas V Sd 1 Kajeksan Kudus

Haniati, Khilda (2017) Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Sejarah Proklamasi Pada Kelas V Sd 1 Kajeksan Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (807kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (246kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (337kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (577kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (148kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (204kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dengan menggunakan model Role Playing materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V di SD 1 Kajeksan Kudus. (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas V di SD 1 Kajeksan Kudus dengan menggunakan model Role Playing untuk meningkatkan pemahaman konsep materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (3) Untuk mengetahui keterampilan guru mengajar dalam menggelola model Role Playing untuk meningkatkan pemahaman konsep materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V di SD 1 Kajeksan Kudus. Pemahaman konsep adalah kemampuan seseorang untuk menguasai dan mengungkapkan kembali materi-materi pelajaran. Role Playing memberikan kesempatan kepada siswa-siswa untuk praktik menempatkan diri mereka dalam peran-peran dan situasi-situasi yang akan meningkatkan kesadaran terhadap nilai-nilai dan keyakinan-keyakinan mereka sendiri dan orang lain. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah (1) Penerapan model Role Playing dapat meningkatkan pemahaman konsep pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V di SD 1 Kajeksan Kudus. (2) Penerapan model Role Playing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kelas V di SD 1 Kajeksan Kudus pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia (3)Penerapan model Role Playing untuk meningkatkan keterampilan guru mengajar pada materi proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas V di SD 1 Kajeksan Kudus. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas V SD 1 Kajeksan kudus dengan subjek 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Role Playing, sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumen. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar siswa dalam pelajaran IPS melalui model Role Playing. Rata-rata pemahaman konsep mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 76,42 % dan siklus II meningkat menjadi 81,31 % (1 dari 19 siswa tidak tuntas) dengan rata-rata 70. Dan pada aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 42,00 % dan siklus II meningkat menjadi 62,00 %. Dan pada keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 71,42 % dan siklus II meningkat 74,00 % . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Role Playing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD 1 kajeksan kudus. Saran yang dapat dapat di sampaikan adalah siswa harapkan giat dan semangat dalam mengikuti pelajaran dengan baik, dan pada pihak sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan kesempatan kepada guru untuk mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam menguasai model pembelajaran inovatif sehingga pelajaran IPS dapat dilaksanakan dengan menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Ika Oktavianti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemahaman konsep, Role Playing, Pembelajaran IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 01:55
Last Modified: 12 Feb 2018 01:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7977

Actions (login required)

View Item View Item