Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Berbantu Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas Iv Sd N 1 Pasuruhan Lor

WINASIS, FRENKY (2017) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Berbantu Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas Iv Sd N 1 Pasuruhan Lor. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (518kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (241kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (333kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (490kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Submitted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (271kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (217kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa kelas IV SD N 1 Pasuruhan Lor pada pembelajaran PKn materi Globalisasi dengan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media monopoli. Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) adalah model pembelajaran dengan menggunakan tehnik penomoran pada setiap siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas IV SD N 1 Pasuruhan Lor, Kudus yang dilaksanakan pada Mei 2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar PKn siswa pada materi globalisasi yang cukup signifikan antara siklus I (76,92%), dan siklus II (92,31%), didukung dengan hasil belajar siswa ranah afektif siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 67,61%, kemudian meningkat menjadi 89,69% pada siklus II dengan keterangan sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I dipreroleh rata-rata persentase sebesar 67,67% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,69% dengan keterangan sangat tinggi. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan. Siklus I mendapatkan rata-rata sebesar 73,72% dengan keterangan baik, pada siklus II menjadi 87,02% dengan keterangan sangat baik. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yakni pada siklus I ke siklus II yakni 71,15% dan 89,42% dengan kualifikasi .sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD N 1 Pasuruhan Lor Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model . Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media monopoli dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD N 1 Pasuruhan Lor Kudus. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya menerapkan model Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media monopoli dalam pembelajaran PKn di kelas IV. Bagi siswa, hendaknya siswa berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Numbered Heads Together (NHT), Media Monopoli, Globalisasi, Hasil Belajar.  
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 02:22
Last Modified: 12 Feb 2018 02:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7984

Actions (login required)

View Item View Item