PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn PADA SISWA KELAS IV SDN 03 PLOSO KUDUS

SOLIKAH, SITI (2017) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn PADA SISWA KELAS IV SDN 03 PLOSO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (528kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (219kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (370kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (526kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (262kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (205kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model pembelajaran make a match pada kelas IV SDN 03 Ploso Kudus. Model pembelajaran make a match adalah pembelajaran yang dirancang menuntut siswa untuk aktif, dan kreatif. Caranya yakni siswa mencari kartu pasangan jawaban yang dibawanya untuk dicocokkan dengan kartu yang dibawa temannya. Model ini diterapkan pada mata pelajaran PKn materi globalisasi. Hasil belajar PKn merupakan hasil yang telah dicapai siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran PKn yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 03 Ploso Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran make a match sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model make a match dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 79,30% (baik) menjadi 87,06% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 68,51% (baik) menjadi 83,18% (baik), hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 65,00% menjadi 90,00% Pada ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 61,25% menjadi 80,11%, ranah psikomotrik juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 62,15% menjadi 82,83%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 03 Ploso Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SDN 03 Ploso. Saran dalam penelitian ini,guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat menarik siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran PKn.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata-kata Kunci: Make a match, Hasil Belajar PKn, Materi Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 02:30
Last Modified: 12 Feb 2018 02:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7987

Actions (login required)

View Item View Item