Penerapan Permainan Throw The Ball Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Peningkatan Pemahaman Cerita Anak Pada Siswa Kelas V Sdn Sumbersari 03 Pati

HASANAH, SITI ROHMATUL (2017) Penerapan Permainan Throw The Ball Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Peningkatan Pemahaman Cerita Anak Pada Siswa Kelas V Sdn Sumbersari 03 Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (349kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (443kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (142kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (141kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan penerapan permainan throw the ball berbantuan media boneka tangan untuk meningkatkan pemahaman cerita anak pada siswa kelas v sdn sumbersari 03 kayen pati. Permainan throw the ball merupakansalah satu permainan untuk merubah pemikiran anak-anak dalam belajar lebih baik jika suasana kelas diciptakan untuk bermain sambil belajar. Belajar yang seperti itu akan lebih bermakna karena anak lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Menyimak merupakan proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan. Cerita merupakan salah satu bentuk sastra yang memiliki keindahan dan kenikmatan tersendiri. Cerita memiliki unsur, yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun cerita dari dalam, unsur ekstrinsik adalah unsur yang membangun cerita dari luar. Unsur intrinsik sebagai berikut: tokoh, latar, alur, tema, amanat.Boneka tanganmerupakan boneka yang ukurannya lebih besar dari boneka jari dan bisa dimasukkan ke tangan, sehingga cerita yang dituturkan lewat karakter boneka jelas akan mengundang minat siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas V SDN Sumbersari 03 dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah penerapan permainan throw the ballberbantuan media boneka tangan. Variabel terikatnya adalah meningkatkan pemahaman cerita anak. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasannilaiketerampilan guru dalammengajar permainan throw the ball berbantuan media boneka tanagan pada siklus I 75% (baik) menjadi 90,3% (sangatbaik) siklus II), didukungdenganpeningkatanaktivitassiswadalambelajarpadasiklus I 56,1% (cukup) menjadi 83,2% (baik) siklus II. Penilaian kinerja pemahaman menyimak cerita anak secara lisan padamatapelajaranbahasa Indonesia jugamengalamipeningkatanantarasiklus I (66,7%) dansiklus II (74,5%). Hal itumembuktikanbahwamelalui permainan throw the ball dapatmeningkatkanketerampilan guru dalammengajar, aktivitassiswadalambelajardanketerampilan menyimak cerita secara lisan padamatapelajaranbahasa Indonesia siswakelas V SDN Sumbersari 03Pati. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas V SDN Sumbersari 03 Pati dapatdisimpulkanbahwapenggunaan Permainan throw the ball berbantuan media boneka tangan dapatmeningkatkanketerampilan guru dalammengajar, aktivitassiswadalambelajar, danketerampilan menyimak cerita secara lisan siswakelas V SDN Sumbersari 03 Pati.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1: MILA ROYSA,S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci:Permainan Throw The Ball, Keterampilan Menyimak, Cerita Anak, Unsur-Unsur Cerita, Media Boneka Tangan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 02:38
Last Modified: 12 Feb 2018 02:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7988

Actions (login required)

View Item View Item