Modul Bervisi Sets Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Kelas Iv Mi Nihayaturroghibin

HARTATIK, HARTATIK (2017) Modul Bervisi Sets Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Kelas Iv Mi Nihayaturroghibin. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (284kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (189kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (390kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (523kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (303kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (128kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (101kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (110kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pemahaman konsep IPA kelas eksperimen dan kontrol materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan yang diajar menggunakan modul bervisi SETS dengan buku siswa, mengetahui pemahaman konsep IPA kelas IV materi sumber daya alam, untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan modul bervisi SETS dengan buku siswa, mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam penerapan modul bervisi SETS kelas IV MI Nihayaturroghibin tahun pelajaran 2016/2017. Pemahaman konsep IPA adalah proses memahami sesuaitu yang diketahui dengan prinsip belajar di lingkungan sekitar serta gejala-gejala kebendaan melalui kegiatan menemukan sendiri untuk meningkatkan pemahaman siswa pada aspek kognitif. Modul bervisi SETS berupa materi, media yang digunakan dalam pembelajaran dengan mengaitkan sians dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat yang memuat kompetensi pemahaman konsep. Penelitian eksperimen ini dilakukan pada siswa kelas IV MI Nihayaturroghibin dengan sampel kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. variabel bebas adalah bahan ajar yang terdiri atas modul bervisi SETS untuk kelas eksperimen dan buku siswa untuk kelas kontrol. Variabel terikat adalah pemahaman konsep IPA. Desain penelitian ini menggunakan posttest only control desaign.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Analisis data digunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest pemahaman konsep yaitu kelas kontrol 70,54 dan kelas eksperimen 72,04. Sementara rata-rata aktivitas belajar pada kelas kontrol sebesar 71,94, sedangkan kelas eksperimen sebesar 76,81. Uji normalitas terhadap nilai posttest dilakukan menggunakan uji liliofers pada program SPSS 16. Berdasarkan uji normalitas, diperoleh daat kelas kontrol dan eksperimen berdistribusi normal, maka uji homogenitas dilakukan. Uji hipotesis menggunakan independent sampel t test. Dari hasil independenst sampel t test pemahaman konsep diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) 0,346 atau > 0,05 dan hasil uji one sample t test Sig.0,002 atau < 0,05 Dengan demikian, modul bervisi SETS kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hasil uji independenst sampel t test aktivitas belajar diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) 0,004 atau < 0,05. Dengan demikian ada perbedaan aktivitas belajar, sementara uji one sample t test Sig. 0,045 atau > 0,05. Dengan demikian modul bervisi SETS efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil keterampilan guru memperoleh rata-rata 82,57 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV MI Nihayaturroghibin dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep kelas eksperimen sama dengan kelas kontrol. Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Untuk itu disarankan dalam penerapan modu bervisi SETS, guru mampu mengarahkan siswa pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat sehingga siswa dapat mengembangkan pemahaman konsepnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Modul Bervisi SETS, Pemahaman Konsep IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 02:51
Last Modified: 12 Feb 2018 02:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7991

Actions (login required)

View Item View Item