PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA BAGAN PADA SISWA KELAS IV SD 4 JEKULO KUDUS

NI’AM, MUHAMMAD ULIN (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA BAGAN PADA SISWA KELAS IV SD 4 JEKULO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan hanya menghafal materi. Suasana pembelajaran tersebut membuat siswa kesulitan memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dan menjelaskan peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa setelah diterapkannya model pembelajarana Think Pair Share berbantu media Bagan pada materi globalisasi di kelas IV SD 4 Jekulo Kudus. Model pembelajaran Think Pair Share adalah salah satu tipe dalam pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas seluruh siswa dan siswa akan berpikir tentang suatu topik atau masalah kemudian berpasangan dengan teman satu meja untuk saling memecahkan topik atau masalah dan berbagi dengan teman satu kelas. Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan merupakan hasil yang telah dicapai siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan baik yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV SD 4 Jekulo Kudus dengan subjek penelitian guru dan 33 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas penelitian ini yakni validitas isi sedangkan tes uji cobanya menggunakan rumus korelasi product moment, dan reliabilitas menggunkan rumus r_11. Teknik analisis penelitian ini yakni teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pengelolaan pembelajaran model Think Pair Share berbantu Media Bagan mengalami peningkatan pada siklus I 77,48% (baik) menjadi 87,74% (sangat baik) siklus II. Ketuntasan belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa pada materi globalisasi yang cukup signifikan antara siklus I (63,63%), dan siklus II (84,84%), didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 66,52% (baik) menjadi 80,15% (baik) siklus II, hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I 68,24% (baik) menjadi 80,84% (baik) siklus II. Penggunaan model pembelajaranThink Pair Share berbantu Media Bagan dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi globalisasi kelas IV SD 4 Jekulo Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Think Pair Share berbantu Media Bagan, guru sebaiknya memperhatikan pengelolaan waktu pembelajaran dan kondisi kelas sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Drs.Moh.Konzunnudin,M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Think Pair Share, Media Bagan, Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:16
Last Modified: 12 Feb 2018 03:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7996

Actions (login required)

View Item View Item