PENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBASIS KARAKTER TOLERANSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 5 DERSALAM KUDUS

SETYOWATI, FAJAR ZULIA (2017) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBASIS KARAKTER TOLERANSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 5 DERSALAM KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (771kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (252kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (422kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (565kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (150kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (292kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match Berbasik Karakter Toleransi untuk meningkatkan keterampilan guru, nilai karakter toleransi siswa, dan menemukan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKn materi Keputusan Bersama kelas V SD Negeri 5 Dersalam Kudus. Model Pembelajaran Make A Match adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai konsep atau topik, dalam suasana yang menyenangkan. Model ini akan diterapkan dalam mata pelajaran PKn materi Keputusan Bersama siswa kelas V. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. PKn merupakan mata pelajaran yang digunakan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 5 Dersalam Kudus. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa dan seorang guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match berbasis karakter toleransi (1) keterampilan guru pada siklus I ke siklus II memperoleh persentase rata-rata klasikal 70,41% (baik) menjadi 88,74% (sangat baik), (2) nilai karakter cinta tanah air siswa pada siklus I ke siklus II dari i persentase rata-rata 66,85% (baik) menjadi 81,32% (baik), (3) Hasil belajar kognitif siswa rata-rata pada siklus I ke siklus II yaitu dari 64% menjadi 79,25% dan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I ke siklus II dari persentase rata-rata 55% menjadi 85%, hasil belajar ranah afektif dari rata-rata klasikal 64,84% (tinggi) menjadi 79,68% (tinggi), hasil belajar ranah psikomotorik dari rata-rata klasikal 64,52% (tinggi) menjadi 81,56% (sangat tinggi). Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Make a Match berbasis karakter toleransi untuk pembelajran PKn materi keputusan bersama dapat meningkatkan hasil belajar dan nilai karakter toleransi siswa kelas V SD 5 Dersalam Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Saran dalam penelitian ini hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran PKn serta model Make A Match berbasis karakter toleransi dapat dijadikan alternatif solusi guru untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter toleransi siswa

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Make A Match, Karakter Toleransi, Hasil Belajar, PKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 03:43
Last Modified: 12 Feb 2018 03:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8002

Actions (login required)

View Item View Item